Pemkab Lamandau Gelar Rakordal Triwulan II 2020

IST/BERITA SAMPIT - Suasana rapat Rakordal di gedung aula Bappeda Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK – Dalam rangka evaluasi perencanaan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Lamandau menggelar rapat koordinasi dan pengendalian (Rakordal) perencanaan pelaksanaan pembangunan triwulan II TA 2020 di aula Bappeda 28 Juli 2020 yang diikuti oleh seluruh SOPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamandau.

Kepala Bappeda Kabupaten Lamandau, Drs Abisua membeberkan bahwa realisasi APBD Kabupaten Lamandau hingga triwulan II untuk fisik mencapai 31,99 persen, dan keuangan mencapai 29,21 persen. Padahal targetnya adalah 50 persen.

BACA JUGA:   Perahu Logistik Bantuan Tim BPBD Lamandau Terbalik

“Permasalahannya, secara umum program dan kegiatan terkendala akibat pandemi Covid-19. Sehingga belanja daerah harus dilakukan refocussing untuk penanganan pandemi tersebut, yang mencakup penanganan kesehatan, dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial,” Jelas Abisua.

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang bersifat sosialisasi atau mengumpulkan peserta dalam jumlah banyak tidak bisa dilakukan untuk mencegah penularan. Serta Permen PUPR Nomor 21/PRT/M/2019 yang mensyaratkan penerapan sistem managemen keselamatan kerja (SMKK), dalam pekerjaan konstruksi, sehingga rincian anggaran biaya (RAB) harus direvisi.

BACA JUGA:   Hingga Juni 2020, PT PWP Konversi 2.481 Hektar Lahan Kemitraan

“Sesuai renaksi korsupgah, pelaksanaan tender barang/jasa harus dilakukan review terlebih dahulu oleh UKPBJ dan APIP,” terangnya.

Terpisah, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menekankan agar seluruh SOPD bisa bekerja lebih efektif dan efisien di masa pandemi ini. (Andre/beritasampit.co.id).