Penantang Petahana Mulai ‘Melawan’, Baleho Pasangan Bakal Cagub-Cawagub Ini Ditebar

SOSIALISASI - Salah satu baleho pasangan bakal calon Gunernur Kalteng Ben Brahim dan Ujang Iskandar di persimpangan Kota Besi - Kandan Kotawaringin Timur

PALANGKA RAYA – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) masih misteri. Hingga saat ini belum ada satu pun partai politik yang secara terbuka dan resmi menyampaikan dukungan.

Namun demikian, sejumlah pihak dan pasangan bakal calon sudah mulai melakukan ‘kampenye’ lebih awal dengan melakukan pemasangan gambar sebagai atribut pengenalan diri baik gambar perorangan maupun dengan berpasangan. Yaitu, Habib Ismail Bin Yahya, H Nadalsyah dan pasangan Ben Brahim – Ujang Iskandar.

Berdasarkan pengamatan, gambar para tokoh Kalteng bertebaran di mana di setiap tempat dan sudut jalan. H Nadalsyah, Bupati Barito Utara yang juga Ketua DPD Demokrat Kalteng ini belum diketahui akan diusung dari partai politik mana dan dengan siapa ia berpasangan sebagai bakal calon wakil gubernur.

Hal serupa dengan Habib Ismail bin Yahya, Wakil Gubernur Kalteng yang memimpin PKB Kalteng ini mengusung slogan Cinta Kalteng, slogan yang menyerupai slogan H Nadalasyah, juga masih misteri, baik partai politik pengusung dan pasangannya. Namun gambar berupa poster, spanduk dan baleho berbagai ukuran sudah menyebar hingga ke pelosok desa.

Terbaru adalah hadir baleho gambar berpasangan, Bupati Kapuas Ben Brahim dan mantan Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar. Publik saat ini berkeyakinan, bila keduanya telah sepakat untuk paket bakal calon gubernur dan wakil gubernur, namun lagi-lagi hingga saat ini belum diketahui jelas partai politik pengusung.

Untuk diketahui, syarat untuk bisa maju menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng pada pilkada 2020 minimal pasangan didukung partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki 9 kursi di DPRD Kalteng.

Dari sejumlah partai politik, hanya PDIP yang cukup memiliki syarat mengusung calon tanpa koalisi dengan 12 kursi di DPRD Kalteng. Partai besutan Hj Megawati Soekarno Putri ini belum kepastian akan mengusung pasangan tertentu. (vis/beritasampit.co.id)