Sakariyas Turun Langsung Ingatkan Masyarakat di 4 Kecamatan Bagian Hilir Untuk Patuhi Protokol Kesehatan

KUNJUNGAN KERJA : IST/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat kunjungan kerja.

KASONGAN – Dalam rangka sosialisasi protokol kesehatan menuju tatanan kehidupan baru (new normal) atau adaptasi kebiasaan baru, akibat dampak wabah Covid-19 khusus di Kabupaten Katingan, Bupati Katingan Sakariyas, didampingi sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) melakukan kunjungan kerja wilayah bagian Hilir Kecamatan.

Wilayah hilir itu, yaitu Desa Tumbang Panggo Kecamatan Tasik Payawan, Desa Galinggang Kecamatan Kamipang, Desa Mendawai Kecamatan Mendawai dan Desa Jaya Makmur Kecamatan Katingan Kuala, melalui jalur tranportasi air, sejak Selasa 28 – 29 Juli 2020.

Dalam kunjungan yang dilakukan ke beberapa kecamatan tersebut, Sakariyas melakukan pertemuan dengan Camat, Kepala Desa serta masyarakat setempat. Dimana seluruh warga diingatkan untuk selalu disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Jika ini (protokol kesehatan) tidak kita patuhi, kita tidak akan bisa menerapkan new normal atau yang namanya sekarang ini adaptasi kebiasaan baru,” jelas Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini dihadapan, Camat, Kepala Desa dan Masyarakat di Desa Tumbang Panggo Kecamatan Tasik Payawan, Selasa 28 Juli 2020 kemaren.

Protokol kesehatan adalah untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker, dan cuci tangan. Sehingga hal ini diwajibkan untuk dipatuhi oleh seluruh masyarakat, dan jika ini sudah terbiasa dilakukan, maka new normal dapat diterapkan dengan baik dan benar.

Dijelaskan Sakariyas, untuk kehidupan baru ini, kegiatan masyarakat tidak dibatasi lagi. Pasalnya, masyarakat sudah diperbolehkan melakukan berbagai kegiatan atau aktifitasnya sehari-hari. Termasuk ibadah di masjid, gereja, dan balai basarah.

“Silahkan. Dengan catatan, untuk rumah ibadah diharuskan menyiapkan tempat cuci tangan dan lainnya. Jadi ini kiranya dapat diketahui oleh seluruh masyarakat kita,” jelasnya.

Kemudian, berkaitan dengan perkembangan Covid-19 di Kabupaten Katingan, masih ada pasien atau warga Katingan yang dirawat karena positif. Namun demikian, sudah banyak yang sembuh. “Mudah-mudahan pasien yang dalam perawatan ini juga sembuh. Harapan kita Katingan ini segera masuk ke zona hijau,” katanya.

Perlu diketahui, selain melakukan sosialisasi protokol kesehatan dalam kunjungan kerjanya. Sakariyas juga sekaligus memantau penyaluran bantuan sosial APBN, APBD Provinsi dan Dana desa sekaligus monitoring pembanguan jalan dan jembatan serta sentral pangan di wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kecamatan Kamipiang, Mendawai dan Katingan Kuala. (Annas/beritasampit.co.id).