Terkait Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban, Begini Kata  Kemenag Seruyan

AHMAD/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seruyan H Hasanudin.

KUALA PEMBUANG – Pemerintah melalui Kementerian Agama atau Kemenag telah mengeluarkan ketentuan seputar pelaksanaan Idul Adha 2020/1441 H. Aturan ini tentunya mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah virus corona atau Covid-19.

Ketentuan penyelenggaraan Idul Adha 2020 selama pandemi Covid-19 tercantum dalam Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 1441 H/2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Aturan ini wajib diperhatikan terutama di daerah dengan jumlah kasus dan penularan Covid-19 masih tinggi. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seruyan H Hasanudin mengatakan saat ini pihaknya telah mensosialisasikan SE Kemenag ke pengurus masjid.

“Ada peraturan dari Kemenag tentang tata cara beribadah pada pelaksanaan idul adha maupun pada saat penyembelihan hewan qurban, kita disini mensosialisasikan kepada seluruh pengurus masjid agar mereka bisa mengikuti isi dari surat edaran tersebut,” katanya, Rabu 29 Juli 2020.

Ia menambahkan, dirinya meminta kepada pengurus masjid agar menyediakan tempat yang bersih sesuai dengan protokol kesehatan, misalnya sebelum pelaksanaan diharapkan memberikan imbauan agar menggunakan masker dan membawa sajadah masing-masing.

Ia pun berharap, edaran yang dikeluarkan dapat menjadi petunjuk dalam penerapan protokol kesehatan, untuk itu ia meminta seluruh pengurus masjid bisa menjadi teladan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 ini.

“Pengurus masjid diharapkan bisa mensosialisasikan isi surat ini, yang penting adalah melaksanakan ibadah yang bersih dan sehat, dan pelaksanaan ibadahnya (Khotbah) jangan terlalu panjang agar menghindari penularan virus ini, karena potensi berkerumun ini cukup besar untuk penularan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebut, aturan serupa berlaku bagi semua yang hendak melaksanakan qurban.

“Sementara terkait pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini juga sama, menjadikan tempat yang bersih dan sedikit longgar, kedua panitia menugaskan masing-masing orang dengan tugas yang jelas, misalnya di bagian penyembelihan, pengulitan, penimbangan dan pembagian,” katanya.

Lebih jauh, ia meminta panitia jangan sampai membagikan kupon, “Kalau bisa panitia yang datang membagikan kepada penerima, untuk menghindari kerumunan dan pelaksanaan ibadah ini tertib dan aman,” pungkasnya.

(ASY/beritasampit.co.id)