Pemkab Mura Serahkan Bantuan 10 Ekor Sapi Kurban ke Kecamatan

LULUS/BERITA SAMPIT-Bupati Mura Perdie M Yoseph saat menyerahkan bantuan sapi kurban secara simbolis kepada pengurus masjid.

PURUK CAHU – Mendekati Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah atau tahun 2020 masehi yang jatuh pada hari jumat tanggal (31/7) besok, Pemerintah Kabupaten Murung Raya ( Pemkab Mura) serahkan hewan kurban untuk beberapa masjid yang tersebar di 10 kecamatan yang diserahkan langsung oleh Bupati Mura, Perdie M Yoseph dihalaman Masjid Agung Al-Istiqlal Kota Puruk Cahu, Kamis 30 Juli 2020.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sri Karyawati mengatakan, pada tahun anggaran tahun 2020 ini sesuai anggaran yang tersedia pengadaan hewan kurban sebanyak 10 ekor di peruntukan untuk beberapa rumah ibadah yang tersebar di 10 kecamatan.

Adapun rincian perima bantuan sapi kurban sebagai berikut, Masjid Agung Al-Istiqal Puruk Cahu, Masjid Nurul Islam Puruk Cahu, Masjid Arifinoor Kelurahan Muara Laung Kecematan Laung Tuhup, Masjid Baitulrahman Kelurahan Tumbang Lahung, Kecamatan Permata Intan, Masjid Nursuhada,Kecamatan Sumber Barito.

Selanjutnya, Masjid Al-Amin Kelurahan Saripoi, Kecamatan Tanah Siang, Masjid Baitulrahman Desa Dirung Lingkin, Kecamatan Tanah Siang Selatan, Masjid Arrahman Desa Muara Joloi 1, Kecematan Seribu Riam, Masjid Nurul Falah Desa Tumbang Olong II, Kecamatan Uut Murung dan yang terakhir Masjid Darussalam Desa Makunjung, Kecamatan Barito Tuhup Raya.

BACA JUGA:   Pegawai Kemenag Ikuti Pelatihan Jurnalistik

“Pengadaan hewan kurban tahun ini sedikit mengalami penurunan dari tahun yang sebelumnya, hal ini dikarenakan pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19. Tetapi kita tetap bersyukur untuk tahun ini Pemkab Mura masih bisa mengalokasikan anggaran untuk pengadaan hewan kurban meskipun dalam jumlah yang terbatas,” Kata Kabag Kesra, Sri Karyawati.

Selain itu, Lanjut Sri, Pemkab Mura juga telah menerima bantuan hewan kurban dari pihak ketiga yakni, PT Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu sebanyak 2 ekor yang nantinya akan diserahkan kepada pengurus Masjid Al-Suhada Desa Danau Usung dan Masjid Al-Hidayah Kelurahan Puruk Cahu Seberang.

“Sedangkan PT Adaro menyumbang hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 10 ekor kambing, bantuan ini langsung diserahkan oleh pihak PT Adaro kepada masjid/langgar yang ada diwilayah Kecamatan Laung Tuhup yaitu, Kelurahan Muara Laung I, Desa Dirung Salarong, Desa Hingan Tokung, Desa Tumbang Bauh, Desa Tumbang Baloi dan Desa Maruwai,” Tuturnya.

BACA JUGA:   Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Wabup Mura Sampaikan Pesan Gubernur Kalteng

Sementara itu, Bupati Mura Perdie M Yoseph menyampaikan setiap tahun Pemkab Mura mempunyai niat besar untuk memberikan yang terbaik buat masyarakat di setiap event keagamaan lainnya. Namun, setuasi di tahun 2020 ini ada banyak hal yang harus dilakukan terkait kebijakan keuangan APBD Pemkab Mura pergeseran untuk menangani Covid-19.

“tetapi untuk hal yang menyangkut bagian sosial atau hibah seperti kita lakukan saat ini, maka akan tetap kita perjuangkan. Walaupun ada tapi jumlah hewan kurbannya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena kondisi kita saat ini ditengah Covid-19 saya selaku Bupati Mura mengucapkan permohonan maaf yang sebesar- besarnya atas situasi spserti ini,” Tandasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)