Cegah Karhutla, Satsabhara Polresta Palangka Raya Ajak Peran Serta Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Patroli dialogis, Aipda Van Royen bersama rekannya menyambangi lahan milik Aspandi yang berada di Karanggan.

PALANGKA RAYA – Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya, Satuan Sabhara Polresta Palangka Raya berinisiatif untuk mengajak peran dan serta masyarakat.

Dengan melakukan patroli dialogis, Aipda Van Royen bersama rekannya menyambangi lahan milik Aspandi yang berada di Karanggan, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu 1 Agustus 2020.

Ia bersama Bapak Aspandi berdialog tentang kerawanan terjadinya Karhutla di sekitaran kawasan tersebut, mengingat banyaknya lahan yang telah mengering akibat musim kemarau dan berpotensi terbakar apabila tersulut api.

BACA JUGA:   SHP Gandeng DPC PPKHI Palangka Raya dan PHRI Buka Kantor Baru

“Kita harus berperan aktif untuk mencegah terjadinya Karhutla di Kota Palangka Raya, apabila sampai terjadi maka akan memperburuk kondisi saat ini yang masih bergelut dengan wabah COVID-19,” kata Aipda Van Royen.

Setelah hal tersebut, dirinya bergerak untuk melakukan patroli pada lahan-lahan di sekitaran, seqmbari menyambangi masyarakat untuk mengimbau tidak melakukan aktivitas pembakaran.

BACA JUGA:   183 Personel Polda Kalteng Naik Pangkat

“Dampak yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan sangatlah buruk, mulai dari merusak kelestarian alam di Kalimantan Tengah hingga mengakibatkan bencana asap yang pernah menjadi bencana nasional pada tahun 2015 silam,” tuturnya. (Hardi/beritasampit.co.id).