Rektor UPR Berhasil Berikan Pembelajaran Demokratis Kepada Civitas Akademika

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Panitia Pemilihan Dekan FKIP UPR Periode 2020-2024 Dr. Rinto Alexandro, M.M.

PALANGKA RAYA – Pemilihan Dekan FKIP UPR Tahap II untuk periode 2020 – 2024, yang dilaksanakan, Kamis 30 Juli 2020 menjadi bersejarah dan istimewa, karena kedua calon berasal dari internal FKIP UPR. Selain itu, karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka pemilihan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dengan menyediakan masker, hand sanitizer dan face shield serta tempat cuci tangan yang digunakan petugas TPS dan pemilih.

Selain itu, juga tetap menjaga jarak agar tidak mengakibatkan sebuah kerumunan. Panitia Pemilihan Dekan FKIP UPR 2020 ini juga menyediakan satu TPS Drive Thru di depan Gedung Aula Palangka Raya sebagai salah satu alternatif dalam menghadapi pandemi, hal ini disampaikannya melalui via whatsapp, Senin 3 Agustus 2020.

“Pemilihan Dekan FKIP UPR Periode 2020-2024 sudah selesai dan Dekan terpilih ibu Dr. Natalina Asi, M.A untuk masa bakti 2020-2024. Dr. Natalina Asi, M.A terpilih pada pemilihan yang dilangsungkan di Aula Palangka Raya, Kamis 30 Juli 2020. Dr. Natalina Asi, M.A yang meraup 31 suara unggul dari Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd yang mendapatkan 23 suara dan 1 suara abstain. Dengan kemenangan ini Dr. Natalina Asi, M.A akan memimpin FKIP untuk periode 2020-2024,” kata Anggota Panitia Pemilihan Dekan FKIP UPR Periode 2020-2024 Dr. Rinto Alexandro, M.M.

BACA JUGA:   Tingkatkan Silahturahmi Keluarga Besar RSUD Palangka Raya Gelar Buka Puasa Bersama

Terdapat 55 suara yang diperebutkan, dimana terdiri dari 36 suara Senat dan 19 suara Rektor UPR. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan 65 persen suara Senat dan 35 persen suara Rektor. Selaku panitia, Rinto menilai bahwa pemilihan Dekan FKIP sudah dilaksanakan secara transparan dan demokratis.

“Saya menilai bahwa Rektor UPR telah memberikan pembelajaran demokratis kepada civitas akademika dengan memberikan hak suaranya kepada kedua calon dekan secara Adil Ka’Talino sebagaimana semboyan yang sering diucapkan beliau. Kata-kata Adil Ka’Talino itu sendiri berasal dari Bahasa Dayak Kanayatn, salah satu sub suku dayak. Bahasa Kanayatn adalah bahasa Melayu Kuno yang diyakini menjadi akar dari bahasa Indonesia. Sehingga Semboyan Dayak mudah dimengerti oleh orang banyak,” tuturnya.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Menggelar Buka Bersama dan Tausiah Agama

Dia selaku anggota Panitia Pemilihan Dekan FKIP UPR periode 2020 sampai 2024 mengucapkan selamat atas suksesnya acara dan terpilihnya Dr. Natalina Asi, M.A sebagai Dekan FKIP UPR Periode 2020 sampai 2024. Ia berharap kepemimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya akan memberikan harmoni dan inovasi yang lebih melekat dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Hardi/beritasampit.co.id).