Kemajuan di Desa Penyumpa Patut DItiru

Kades Penyumpa Patin Sidang

SERUYAN – Pembangunan desa Penyumpa Kecamatan Seruyan Tengah Kabupaten Seruyan patut diapresiasi, terutama dalam peningkatan infrastruktur yang telah dirasakan langsung warga sekitar. Pembangunan ini juga tidak lepas dari sosok Kepala Desa.

Keberhasilan pembangunan suatu desa tidak terlepas dari peran Kepala Desa sebagai pemimpin yang ada di desa, hal ini juga merupakan fungsi dari pemerintah desa itu sendiri yaitu fungsi pembangunan. Melalui perannya sebagai pemimpin desa dalam membuat kebijakan-kebijakan, keputusan-keputusan, dan anggaran yang digunakan.

Seperti yang dilakukan Kades Penyumpa Patin Sidang yang membangun WC dan tong Profil Air di setiap rumah warga, progam ini pun disambuat antusias warga yang merasa sangat terbantu, karena selama ini selalu pergi ke sungai jika ingin buang air besar, mandi dan mencuci.

BACA JUGA:   Sungai Kebuyu di Seruyan Dipenuhi Sampah Berserakan, Warga Minta Fasilitas Tong Sampah

Bukan hanya itu saja, Patin Sidang juga terus meningkatan pelayanan dibidang kesahatan dengan melengkapi Mobil ambulan yang siap jika dibutuhkan untuk mengantar jika ada warga yang sakit atau ingin melahirkan.

“Kami sangat senang pembangunan di desa Panyumpa langsung dirasakan masyarakat,” tutur salah satu warga.

Selain pelaksanaan pembangunan fisik, Kades Patin Sidang juga melakukan pembangunan non fisik seperti pembinaan kemasyarakatan yang meliputi pembinaan kelompok tani, pemuda dan ibu rumah tangga.

BACA JUGA:   BPD Bumi Subur Siap Kawal Program Pemdes Sesuai Aturan

Patin Sidang menuturkan bahwa ia ikut senang melihat warganya bisa merasakan efek pembanguan selama ini. Meski begitu dirinya juga mengakui bahwa pembangunan Desa Penyumpa masih banyak perlu diperjuangkan lagi.

“Tugas saya sebagai Kades adalah melayani warga dan saya sangat senang ternyata pembangunan yang diperbut memberikan manfaat untuk warga,” terangnya.

Dirinya juga berharap dukungan dari semua pihak dalam membangun desa Penyumpa, karena menurutnya pembangunan desa tidak bisa hanya mengandalkan kepala desa.

“Gotong Royong merupakan kunci untuk kita bisa membangun desa, saya ucapkan terimakasih warga selama ini membantu pemerintah desa,” pungkasnya.

(AFNER JULIWARNO/Beritasampit.co.id)