PT AUS Optimis Selesaikan Pembukaan Badan Jalan Kabupaten di Desa Jahanjang-Mendawai

FOTO BERSAMA : IST/BERITA SAMPIT - Pihak PT AUS foto bersama dengan Bupati Katingan Sakariyas, beserta rombongan.

KASONGAN – Masyarakat di Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan sudah resmi melakukan penanda tanganan hibah tanahnya, guna pembangunan badan jalan kabupaten dari Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang menuju Kecamatan Mendawai.

Untuk pengerjaan pembukaan badan jalan ini, pihak PT AUS sudah sepakat melakukannya. Selain itu, dari pihak PT PEAK juga sepakat lakukan pembukaan jalan Kabupaten tersebut.

Saat dikonfirmasi Rabu 5 Agustus 2020, Pihak PT AUS melalui bagian Humas, Ramadhan, mengatakan jika mengacu pada MoU pihaknya untuk membuka badan jalan hanya sepanjang 21 Km dengan lebar jalan 30 meter. Untuk sisanya 8 Km bukan kewajiban dari pihak perusahaan.

“Namun pak Bupati kemarin memang mengisyaratkan hal tersebut, sebab itu diluar perizinan. Apabila diluar perizinan dari perusahaan memang berat bagi kami pak,” jelas Ramadhan.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Gerakan Pangan Murah Bulog Kanwil Kalteng

Sehingga, pihak perusahaan harus menyelesaikan dulu pembukaan badan jalan yang sudah tertuang di MoU sepanjang 21 Km. Dan progres sampai saat ini kurang lebih ada sekira 6 Km sudah dilakukan pembukaan oleh PT AUS.

“Mungkin dalam 2-3 hari ini sudah sampai 7 Km, karena sudah hampir 1 meter lebih terbuka. Untuk tahun 2020 ini kita dari perusahaan optimis menyelesaikannya dan mudah-mudahan tidak ada kendala non teknis lain. Apabila ada kendala non teknis dalam pengerjaannya maka akan berpengaruh nantinya,” ucapnya.

Dijelaskan juga, bahwa untuk pembukaan jalan sepanjang 21 Km ini PT AUS mengerjakan jalan dari dari Kereng Pakahi sampai Desa Tampelas. Karena ini sudah berbatasan langsung dengan PT PEAK, dan bukan menjadi kewajiban PT AUS dalam pengerjaannya.

BACA JUGA:   Dua Hari Pencarian, Muhroji Ditemukan dalam Kondisi Tak Bernyawa

“Harapan kita kepada masyarakat hendak selalu ada dukungan, mensuport untuk sama-sama melaksanakan kegiatan ini. Jangan melihat hanya untuk desa, untuk masyarakat, sebab ini kita sama-untuk kepentingan daerah dan bagaimana untuk keluarga kita di wilayah selatan ini bisa menikmati jalan darat. Kasian maayarakat disana sudah beberapa tahun tidak bisa merasakan jalan darat ke Kota Kasongan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, selain PT AUS sepakat membukan badan jalan sepanjang 21 Km. Sementara dari Pihak PT PEAK juga sepakat membuka badan jalan dengan panjang kurang lebih PT PEAK mengerjakan 55 kilometer di hak guna usaha atau HGU masing-masing, dan tersisa kurang lebih 17 kilometer. (Annas/beritasampit.co.id).