Tingkatkan Kemampuan, Ini yang Dilakukan BPBD Mura

IST/BERITA SAMPIT- Personil BPBD saat menggelar simulasi penanganan Karhutla

PURUK CAHU- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam dengagn melibatkan sebanyak 47 personil yang dibagikan menjadi delapan tim.

Kepala BPBD Kabupaten Mura, Kariadi mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan latihan ini dengan melakukan materi simulasi penanganan korban dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kegiatan ini mensimulasikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanganan pemadaman dan penanganan korban karhutla dari materil dan personel seperti keadaan yang sebenarnya,” Kata Kariadi saat melakukan simulasi penanganan Karhutla yang dilaksanakan di Taman Pasir Putih Kota Puruk Cahu, Rabu 5 Agustus 2020.

BACA JUGA:   Fraksi PAN Sarankan APBD Perubahan Tahun 2020 Prioritaskan Stimulus Pemulihan Perekonomian

Dijelaskan Kariadi, latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan petugas dalam mengantisipasi bahaya bencana alam khususnya Karhutla di Mura.

Kariadi menyebutkan, latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam melaksanakan operasi bantuan dalam menangani penanggulangan bencana alam, selain itu juga, bahwa kegiatan simulasi ini merupakan program kegiatan penanggulangan Karhutla tahun 2020.

BACA JUGA:   Brigade Diharapkan Mampu Meminimalisir Karhutla

“Kegiatan ini untuk mendirikan membiasakan dan membisakan petugas dalam rangka upaya penanggulangan bencana sehingga kita tahu sambil mengevaluasi kebutuhan dan kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki atau diperbaharui,” Tutur Kariadi.

Ia menambahkan, Peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh BPBD sangat cukup memadai dan representative, itulah sebabnya perlu selalu dilakukan untuk latihan dan simulasi agar peralatan dan personil tetap terpelihara dan lihai dalam menjalankan tugas.

(Lulus/Beritasampit.co.id)