Babinsa Diajak Miliki Ilmu Pertanian

IST/BERITA SAMPIT - Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto saat meninjau kegiatan Personel baru Babinsa Korem 102/Pjg

PALANGKA RAYA – Dalam rangka untuk mengaplikasikan materi pertanian yang telah diberikan beberapa waktu yang lalu hari ini Kamis 6 Agustus 2029 para Babinsa melaksanakan praktek operasional alat pertanian yang dilaksanakan di Jalan Sanang Kelurahan Sabaru Palangka Raya.

Kegiatan diawali dengan pengecekan personil oleh Mayor Inf Wiyanto selaku Komandan latihan. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa praktek lapangan ini agar diikuti dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan tersebut langsung ditinjau oleh Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto yang didampingi oleh para Dandim jajaran Korem 102/Pjg. Disaat peninjauan Danrem menyampaikan bahwa para personil tersebut selain dibekali ilmu kemiliteran juga diajarkan ilmu pertanian sebagai tambahan untuk mendukung tugas mereka kedepan sebagai Babinsa.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

“Babinsa tersebut perlu kita bekali dengan pengetahuan dan ketrampilan alat maupun sistem pertanian modern, karena Kalteng merupakan wilayah pertanian, terlebih pemerintah juga telah mencanangkan bahwa Provinsi Kalteng menjadi wilayah Ketahanan Pangan Nasional,Pungkasnya,” kata Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

Adapun pelatihan tersebut bertujuan untuk membekali para personil baru Babinsa Korem 102/Pjg tentang alat – alat dan sistem pertanian modern untuk menunjang tugas kedepan di teritorial, sehingga diharapkan setelah terjun di lapangan benar-benar dapat mendampingi para petani dalam mengolah lahan pertaniannya dengan baik guna memperoleh hasil panen yang maksimal.

BACA JUGA:   Panitia PKL 1 FEBI IAIN Palangka Raya Berikan Pembekalan untuk Mahasiswa ESY

Praktek lapangan tersebut diikuti oleh 119 anggota Babinsa dan dipandu oleh instruktur dari dinas pertanian yaitu bapak Abdul Kadir. Disampaikan bahwa alat yang diperkenalkan yaitu John Deere dan Hand Traktor yang mana dalam pengoperasionalnya harus selalu konsentrasi dan berhati – hati sehingga nantinya bisa mengoperasionalkan peralatan dengan benar dan dapat menghasilkan pekerjaan secara maksimal.

(Hardi/Beritasampit.co.id)