BPHD AMAN Barut Pertimbangkan Aksi Menyambut Hari Masyarakat Adat Sedunia

IST/BERITA SAMPIT - Ucapan memperingati Hari Masyarakat Adat Sedunia AMAN Barito Utara.

MUARA TEWEH – Jajaran BPHD Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Barito Utara (Barut), sedang dalam mempertimbangkan aksinya untuk menyambut perayaan hari masyarakat adat sedunia (HIMAS) yang jatuh pada tanggal 9 Agustus ini.

Pertimbangan aksi tersebut disampaikan oleh Deputi Umum BPHD AMAN, Saleh Purwanto, SE yang juga Bendahara Umum DPD Fordayak Barut saat berada di Sekretariat AMAN Jalan Kelapa Sawit II Muara Teweh, Jumat 7 Agustus 2020.

“Kalau sebelumnya pada tahun 2019 kita adakan aksi di jalan bersama dengan beberapa masyarakat perwakilan dari Komunitas, namun pada tahun ini kita akan pertimbangkan dan akan menggantikannya dengan kegiatan lain,” kata Saleh.

BACA JUGA:   Pemuda Barito Utara Aksi Sosial Galang Dana, Rp 21 Juta Terkumpul Untuk Apa Ya?

Dikatakannya lagi, bahwa pada HIMAS kali ini sebagaimana yang ditetapkan oleh PBB bahwa temanya adalah Covid-19 dan Resiliensi dan dari PB AMAN mengambil tema Kedaulatan Pangan dan Pengakuan Hak Masyarakat Adat.

“Instruksi dari Sekjen AMAN bahwa daerah tetap melaksanakan pada tahun ini, dengan mematuhi protokol kesehatan. Namun lebih kepada kegiatan-kegiatan kreatif, yang tidak mengumpulkan banyak orang,” kata koordinator Aksi Himas AMAN Barut tersebut.

BACA JUGA:   Pemuda Ini Tikam Tetangganya Hingga Meninggal Dunia

Kegiatan dari BPHD AMAN Barut akan diadakan bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara yang diadakan di Komunitas Karamuan. Sebagaimana hasil rapat internal, maka aksi adalah menanam pohon bersama dengan menekankan bahwa arti satu pohon untuk seribu kebaikan alam dan manusia.

“Dipilihnya Komunitas Karamuan sekaligus untuk memperkenalkan Betang Dambung Sirang yang ada di Leu atau Desa tersebut yang berumur kurang lebih 400 tahun sudah, yang kini sedang diperjuangkan pengakuan SK nya delapan Komunitas lainnya yang teridentipikasi,” tukasnya. (shp/beritasmpit.co.id).