Tingkatkan Layanan Kesehatan, Kades Kujan Adakan Mobil Ambulance

ISTIMEWA/BERITA SAMPIT - Mobil Ambulance Desa Kujan, Kecamatan Lamandau.

NANGA BULIK – Dalam mengwujudkan pelayanan sekaligus antisipasi penanggulangan non bencana di masa pandemi Covid-19 ini, kepala Desa Kujan membeli mobil ambulance untuk pelayani warganya.

“Mobil ambulance ini, diperoleh dengan menggunakan dari dana Silpa dan PAD yang merupakan hasil rapat desa, sedangkan type ambulance tersebut kelas menengah yang harganya berkisaran Rp 234 juta,” ungkap Kades Kujan Ronny Sanjaya, Saptu 8 Agustus 2020.

BACA JUGA:   Jadikan Hut Ke 18 Lamandau Pemicu Semangat Berkarya Membangun Daerah

Ronny menjelaskan, pelayanan ambulance diberikan secara gratis untuk warga yang tidak mampu. Warga setempat yang butuh berobat, baik itu dalam keadaan darurat atau untuk rawat jalan ke rumah sakit tidak repot lagi menunggu ambulance dari Puskesmas atau rumah sakit.

“Terkadang ambulance di rumah sakit atau Puskesmas sibuk untuk menjemput atau mengantar pasien. Atas dasar itu, kami berembuk untuk menyediakan mobil ambulance desa,” katanya.

BACA JUGA:   Unik, Warga Desa Ini Peringati HUT RI Ke 75 di Pematang Sawah

Diketahui di Kabupaten Lamandau baru beberapa saja yang sudah memiliki ambulance. Ia berharap bisa memberikan contoh kepada masyarakat, betapa bermanfaatnya untuk desa.

“Kita juga menunggu kordinasi dan nasehat dari DPMD. Semoga, dengan pembelian ambulance ini, warga bisa sangat terbantu dan juga memudahkan manfaatnya akan terus bisa dinikmati warga,” pungkasnya. (Andre/beritasampit.co.id).