Dua Unit Rumah Terbakar Di Kelurahan Pendahara, Satu Orang Warga Meninggal Dunia

RUMAH TERBAKAR : IST/BERITASAMPIT - Suasana saat terjadi kebakaran di Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Telah terjadi peristiwa Kebakaran dua unit bangunan rumah, di Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan.

Lebih tepatnya, di RT 11, RW 003, Desa Danum Matei, Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, pada Minggu 9 Agustus 2020, sekira pukul 06.30 Wib.

Musibah kebakaran tersebut, diduga dari percikan api yang berasal dari Konselting Listrik dari rumah warga bernama, bapak Ilus. Kemudian menyebar kerumah milik Iwan Setiawan.

Akibat musibah kebakaran, satu orang meninggal dunia, bernama Derman (34), warga Kelurahan Pendahara. Dan diketahui bahwa korban juga memiliki (Cacat Mental) yang merupakan satu keluarga dengan Iwan Setiawan, dan orang tua mereka bapak Ilus.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah SIK, melalui Kapolsek Tewang Sangalang Garing Dan Pulau Malan, Iptu Arie Indra Sulistio, membenarkan kejadian musibah kebakaran di Desa Danum Matei, Kelurahan Pendahara, Kecamatan Tewang Sangalang Garing.

BACA JUGA:   Tumbang Samba Kembali Banjir, Puluhan Rumah Terendam

Dijelaskan bahwa kejadian tersebut, saat saksi setempat bernama Sues (56) ada melihat kobaran api dari atas rumah milik bapak Ilus. Kemudian warga bernama Toni Setiawan (36) mendengar ada kejadian kebakaran, lalu ikut mendatangi tempat kejadian bersama saksi beserta warga sekitar untum berupaya membantu menyelamatkan barang korban dan memadamkan api dengan satu Unit Damkar Kelurahan Pendahara.

“Peristiwa rumah terbakar tersebut adalah satu keluarga, dimana asal api dari rumah bapak Ilus, yang merupakan org tua Iwan Setiawan,” jelas Kapolsek Tewang Sangalang Garing Dan Pulau Malan, Iptu Arie Indra Sulistio, Minggu 9 Agustus 2020.

Lanjutnya menjelaskan, bahwa Iwan Setiawan beserta anak istri tinggal satu rumah dengan orang tua yaitu Ilus. Pasalnya, dikarenakan rumah milik Iwan Setiawan belum selesai pengerjaannya masih berupa rangka rumah kayu berukuran 4×5 Meter. Untuk korban bernama Ilus dan Iwan Setiawan beserta anak istrinya selamat dalam musibah tersebut.

BACA JUGA:   Meresahkan Warga, Peredaran Sabu di Jalan Hiu Putih Berakhir dibalik Jeruji

“Dan untuk penyebab korban (Derman) meninggal dunia akibat luka bakar yang sangat parah, dan telah dilakukan upaya pertolongan membawa korban ke rumah sakit, tetapi tidak dapat terselamatkan,” jelasnya.

Kemudian, untuk kerugian Materil, yaitu satu unit rangka rumah milik Iwan Setiawan, mengalami kerugian sekitar Rp. 15 juta, dan satu unit rumah beserta isinya pemilik Ilus mengalami kerugian sekitar Rp. 50 juta.

Barang Bukti yang diamankan kepolisian, berupa satu buah KWH Listrik, dan satu buah Stavol. Tindak Kepolisian, yaitu mendatangi tempat kejadian perkara, mengumpul bahan keterangan, mencatat saksi-saksi, amankan barang bukti, Buat Visum Et Repertum, pasang Police Line, lidik lebih lanjut.

(Annas/beritasampit.co.id)