Tiga Pesan Gubernur Kalteng Terkait Penanganan Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Dalam rilisnya Gubernur Kalimantan Tengah selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan tiga pesan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo bagi relawan Covid-19.

Pesan Pertama, relawan diharapkan untuk membantu upaya pengurangan dan pencegahan penularan COVID-19 di masyarakat.

“Bagaimana mencegah dan mengajak masyarakat untuk patuh melakukan protokol kesehatan. Langkah ini akan bisa membantu para dokter dan tenaga medis serta mengimbangi potensi penularan yang terjadi di masyarakat dan bahkan memutus rantai penularan virus SARS-CoV-2. Masalah COVID-19 tidak bisa hanya dari pemerintah dan juga bukan hanya urusan medis atau kesehatan,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Upadate 18 Agustus Perkembangan Covid-19 di Kalteng

Pesan Kedua, mengharapkan para relawan untuk membantu dalam pemetaan persoalan yang terjadi di daerah. Seperti yang terjadi di tengah masyarakat, masih ada warga di daerah yang menganggap Covid ini tidak ada, Covid ini sebagai suatu konspirasi atau menganggap Covid tidak berbahaya.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan dalam upaya melakukan kolaborasi untuk merangkul potensi yang ada di masyarakat, seperti melibatkan tokoh pemuda, ulama ataupun tokoh budaya. Dan menekankan pentingnya kehadiran Satuan Tugas (Satgas) daerah hingga lingkup terkecil, yakni RT atau RW.

Pesan Ketiga, bagi relawan untuk selalu menjaga kesehatan. Pandemi ini belum dapat diketahui kapan akan berakhir sebelum obat atau vaksin dapat ditemukan. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta relawan untuk makan cukup dan hal yang utama tidak lupa berdoa agar selalu diberikan kekuatan dari Tuhan.

BACA JUGA:   Update Perkembangan Kasus Covid-19 Kalteng 5 September

Berdasarkan tiga pesan yang telah disampaikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Tengah turut menyampaikan bahwa kehadiran relawan dalam melawan COVID-19 merupakan bagian dari pentaheliks penanggulangan bencana, yang terdiri dari lima helikas, yaitu pemerintah, pakar atau akademisi, masyarakat, lembaga usaha dan media massa.

Gubernur Kalimantan Tengah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi terhadap penanganan COVID-19 di Kalimantan Tengah.

(Hardi/Beritasampit.co.id)