Tangani Karhutla, BPBD Siapkan Tiga Unit Perahu untuk Daerah Sulit Dijangkau

AHMAD/BERITA SAMPIT - Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiyono saat memperlihatkan tiga unit perahu yang akan digunakan untuk penanganan Karhutla.

KUALA PEMBUANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan telah menyiapkan tiga unit perahu untuk menjangkau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah yang sulit dijangkau.

Kepala BPBD Seruyan, Agung Sulistiyono mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah menyiapkan peralatan penunjang Karhutla berupa perahu.

“BPBD telah menyiapkan peralatan penunjang Karhutla, yaitu tiga buah perahu kecil untuk daerah yang sulit dijangkau, karena kita pakai speed itu kan kesulitan airnya harus dalam, makanya kita antisipasi dengan perahu ini,” kata Kepala BPBD.

BACA JUGA:   Prestasi Baru Gubernur Kalteng, Dapat Anugerah Penghargaan Dari Pemerintah Pusat

Tiga unit perahu ini rencananya akan dioperasikan di daerah rawan Karhutla yang sulit dijangkau, seperti Danau Sembuluh dan Sungai Bakau.

Lebih lanjut ia mengatakan, potensi Karhutla saat ini masih kecil, meskipun sudah ada titik api yang terkonfirmasi di beberapa kecamatan, namun dalam skala kecil dan bisa cepat teratasi.

“Karena lahan masih basah jadi kalau ada titik api hanya beberapa jam bisa langsung padam, karena potensi hujan masih tinggi jadi lahan ini masih basah karena gambut juga masih berair,” katanya.

BACA JUGA:   Gubernur Minta Dinas Koperasi Provinsi Kalteng Hidupkan UMKM

(ASY/beritasampit.co.id)