Dewan Nilai Bandara H Asan Sampit Perlu Direnovasi

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kotawaringin Timur Komisi IV, M Kurniawan Anwar.

SAMPIT – Kota Sampit merupakan barometer Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Geliat ekonomi yang bergerak masih menandakan pertumbuhan ekonomi bernilai dan menjadikan tren positif. Maka dari itu infrastruktur pendukung seperti bandara dinilai perlu di upgrade (peningkatan).

Menurut anggota DPRD Kotim M. Kurniawan Anwar bandara merupakan akses cepat lalulintas manusia dan barang menuju dan keluar Kota Sampit. Oleh sebab itu, dengan growth (pertumbuhan) ini harus terjaga dengan adanya peningkatan bandara H Asan Sampit.

Sedangkan dari segi panjang dan lebar landasan pesawat ternyata harus segera di upgrade agar pesawat jenis Airbus A320 atau boing 737-800 bisa mendarat dengan lancar.

BACA JUGA:   Besok, Rudini-Samsudin Daftar ke KPU

“Landasan saat ini hanya 2.050 meter sehingga pesawat jenis A320 dan 737-800 belum stadart untuk bisa mendarat. Dengan pesawat lebih besar maka akan banyak airlines yang dapat melayani penerbangan dari dan ke Sampit menuju kota-kota besar di Indonesia,” sebut M. Kurniawan Anwar, Selasa 11 Agustus 2020.

Legislator fraksi PAN juga anggota komisi IV DPRD ini pun mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk segera menambah panjang landasan, toh, dulu sudah pernah ada tim appraisal (penilaian) untuk perhitungan lahan agar bisa menambah landasan. Setidaknya landasan bisa bertambah 500 meter.

BACA JUGA:   Demokrat Usung Halikinnor-Irawati di Pilkada Kotim

“Disisi lain, ujung landasan ada obstacle (gangguan) bergerak yaitu lalu lalang kapal. Terkait masalah itu kami sudah berkomunikasi dengan pihak bandara H Asan sampit, mereka siap membangun apabila sudah ada lahan yang di support pemerintah daerah untuk landasan bahkan parkir serta gedung keberangkatan dan kedatangan yang lebih baik di area bandara. Dan tentunya akan menjadi citra bagus untuk kota yang memiliki slogan bumi habaring hurung ini,” panjang beber pria yang akrab disapa Iwan itu.

(im/beritasampit.co.id).