Prestasi AKBP E Dharma B Ginting Penuh Inspirasi Bagi Masyarakat Kobar

Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting bersama kedua putra dan istrinya.

Oleh : Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id)_Bagian I.

SELAMA jadi wartawan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), penulis baru pertama kali menemukan seorang Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) di Kobar, dua hari bertugas langsung berkunjung ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kobar di Jalan Sultan Syahrir Pangkalan Bun.

Itulah Kapolres AKBP E Dharma B Ginting, 8 bulan yang lalu, tepatnya pada Senin 25 November 2019 tiba-tiba berkunjung ke Kantor PWI. Memang tidak terasa berkat sang waktu yang tanpa absen libur, akhirnya AKBP Dharma Ginting akan dipromosikan, ditugaskan di Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim).

AKBP Dharma Ginting yang masih muda dan energik ini, selama bertugas sekitar 8 bulan di Kobar ternyata berjiwa kreatif dengan ide-ide barunya yang inovatif, sehingga membuahkan prestasi yang menjadi inspirasi bagi wartawan khususnya dan umumnya bagi masyarakat Kobar.

Maka dengan banyaknya prestasi itulah, Kapolres AKBP Dharma Ginting langsung dibidik oleh Polda Kaltim untuk dipromosikan dengan mendapat jabatan baru sebagai Kepala Bagian Pembinaan Karier Staf Sumber Daya Manusia (Kabag Binkar SSDM).

Pengamatan penulis, AKBP Dharma Ginting, kreatif banyak memiliki ide-ide baru, mungkin karena banyak ‘berguru’ kepada orang tuanya (Bapak Mertua) Ayahanda Istrinya Metha Dharma Ginting.

BACA JUGA:   Semua Rute Penerbangan Kembali Normal, Aktivitas Penumpang Bandara Iskandar Alami Kenaikan

“Bapak mertua saya, adalah seorang jurnalis/wartawan senior di Sumatera, jadi saya banyak berguru kepada beliau, sampai sekarangpun saya sering komunikasi melalui HP,” kata Dharma, saat tatap muka dengan para insan pers di Kantor PWI Kobar, 8 bulan yang lalu.

Dengan itu, pengamatan penulis ternyata benar. Karena belum 1 tahun bertugas di Kobar Dharma Ginting telah banyak menorehkan prestasinya pada jalur intitusinya, sehingga programnya tembus ke berbagai sektor kemasyarakatan.

Sepengetahun penulis, prestasi Dharma Ginting yang telah ditayang pada media online (beritasampit.co.id) kalau ditulis disini tampaknya terlalu banyak, saya ambil sejumlah contoh prestasinya, yang menjadi perhatian khusus Kapolda Kalteng yakni, Kapolres kerjasama dengan Kodim 1014 Pangkalan Bun menginisiasi Rumah Aman Lingkungan Bhabinkamtibmas dan Babinsa (Ali Baba).

Selain itu, mendapat piagam penghargaan dari Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait dalam penghargaannya menyatakan, reward tersebut pantas diterima Polres Kobar yang dalam catatan pihaknya sepanjang tahun 2020 telah sukses menangani 17 kasus tindak pidana anak dibawah umur, baik anak sebagai korban.

BACA JUGA:   Ini Jumlah Kasus Hasil Operasi Patuh Telabang 2020 Polres Kobar

Menyusul kemudian dapat piagam penghargaan KAK Seto Award 2020 dari Yayasan Kazeto Putra Perkasa (YKPP) karena dedikasi dan konsistennya dalam pengungkapan kasus kejahatan terhadap anak dan Kapolres pejuang hak anak.

Juga ide-ide baru Kapolres Kobar Dharma Ginting, disaat pandemi Covid 19, selain berbagai kegiatan telah banyak dicurahkan kepada masyarakat seperti sosialisasi Covid-19 dan pembagian sembako serta obat-obatan, di enam kecamatan.

Kemudian untuk menindak lanjuti imbauan tentang virus corona kepada masyarakat, Kapolres bersama ‘anak buahnya’ langsung mendirikan sebuah band, yakni ‘Justice Band Polres Kobar’, dan berhasil mengorbitkan sebuah lagu berjudul : “Creat A Strong Body Againts Corona”, yang rekamannya sudah tayang ke ‘Manca Negara’ melalui YouTube.

Bahkan pada Hut Bhayangkara Ke 74, saat ditayang di Kompas TV sempat ‘ngetop’ di seluruh Indonesia.

Dan program khusus yang digagas Kapolda Kalteng, yakni giat Lomba Desa Pantang Mundur alias Lewu Isen Mulang, yang diikuti seluruh Desa se-Provinsi Kalteng, akhirnya Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, yang dibina Polres Kobar berhasil meraih Juara Pertama. (Bersambung).