50 Siswa SMA Dilatih Wasbang oleh Korem 102/Pjg

Kepala Staf Korem (Kasrem) 102/Pjg Kolonel Inf Ibrahim Pulungan

PALANGKA RAYA – Kepala Staf Korem (Kasrem) 102/Pjg Kolonel Inf Ibrahim Pulungan membuka kegiatan Pembinaan wawasan kebangsaan ( Wasbang) Korem 102/Pjg semester II TA. 2020, dengan tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan” bertempat di Aula Makorem 102/Pjg Jalan Imam Bonjol nomor 5 Kota Palangka Raya, Kalimantan tengah, Rabu (12/08/20).

Kegiatan ini di hadiri oleh para Dan/Kabalak Aju Korem 102/Pjg, Kabalak Korem 102/Pjg serta para perwakilan Sekolah setingkat SLTA di Kota Palangka Raya dengan estimasi 50 orang siswa.

Dalam kegiatan tersebut Kasrem 102/Pjg Kolonel Inf Ibrahim Pulungan membacakan amanat Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, dalam amanatnya Danrem menyampaikan “Pembinaan Wasbang bertujuan untuk membina dan membentuk komponen masyarakat yang berkepribadian, berahlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

BACA JUGA:   Danrem 102/Pjg Hadiri Webinar Nasional Pilkada Berintegritas secara virtual

Lebih lanjut Danrem dalam amanatnya mengatakan “Seiring dengan lajunya modernisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks dan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, berbagai pengaruh negatif yang juga terdapat di dalamnya, seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lainnya,” katanya.

Dia juga menjelaskan, untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa ini, diperlukan adanya pemahaman dan penguatan dari generasi muda tentang wasbang.

BACA JUGA:   Program TMMD Berakhir, Ini Ucapan Camat Pulau Hanaut

“Wasbang merupakan salah satu wahana membangun cinta tanah air karena Wasbang merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh Falsafah cita-cita dan tujuan Nasional, namun sampai saat ini pemahaman Wasbang dalam diri generasi muda masih kurang oleh karena itu perlu adanya pemberian pemahaman dan penguatan akan Wasbang” katanya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Danrem menekankan di dalam masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini hendaknya pelaksanaan kegiatan harus selalu dengan memperhatikan protokol kesehatan.(rls/beritasampit.co.id)