Bupati Hendra : PWI Adalah Mitra Strategis Pemkab Lamandau 

IST/BERITA SAMPIT : PWI Kabupaten Lamandau berfoto bersama usai pelantikan ketua baru Hendy Nur Fallah.
NANGA BULIK – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamandau masa bhakti 2019-2022 resmi dikukuhkan. Ketua PWI Kalteng, HM Haris Sadikin, atas nama Ketua Umum PWI Pusat, memimpin prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus PWI Lamandau.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Neo, Palangka Raya itu juga dihadiri langsung oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana dan juga ketua KONI Lamandau, Wilin C Okamoto.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Kalteng, Haris, mengatakan bahwa PWI merupakan organisasi kewartawanan tertua di Indonesia. Dahulu, PWI didirikan dengan misi utama melawan kolonialisme. Namun seiring perkembangan jaman, misinya adalah membantu pemerintah.

“Salah satu caranya adalah dengan terus dilakukannya peningkatan kompetensi wartawan, sehingga mampu menjadi wartawan yang handal dan profesional serta mengerti kode etik kewartawanan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Hijaukan Halaman, Ciptakan Ekowisata Berkelanjutan

Wartawan, lanjut dia, tugasnya bukan hanya mengkritik, namun harus bisa memberi solusi kepada pemerintah untuk mencari jalan keluar dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah.

Sementara, dalam kesempatannya saat memberikan arahan, Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, mengakui bahwa wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

“Pers sebagai pilar ke 4 demokrasi, yang saya pahami merupakan mitra strategis pemerintah. Itu yang saya rasakan khususnya di Lamandau selama ini,” ujarnya.

Bahkan, lebih jauh dikatakan dia, dalam mengawal jalannya pemerintahan, hubungan antara Pemkab Lamandau dan wartawan selama ini sangat baik dan harmonis.

“Kawan-kawan PWI Lamandau adalah orang-orang yang berintegritas. Orang-orang ygang bisa diajak kerjasama dan saya mintai pendapatnya. Karena bagi saya saran masukan sangat penting dari siapapun itu, termasuk dari PWI,” ucapnya.

BACA JUGA:   Bupati Lamandau Harap Semua Pihak Berupaya Membina Masyarakat Dalam Mencegah Covid-19

Dirinya menyebut, di jaman keterbukaan, Pemda Lamandau sangat membutuhkan kawan-kawan media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Saya sepakat agenda PWI memerangi hoax, hal ini tentu sangat baik. Karena saat ini pengaruh hoax sangat kuat, hingga menyebabkan perpecahan terhadap kehidupan bangsa. Peran pers dalam memerangi hoax sangat dibutuhkan. Mari beritakan sesuatu yang riil, faktual dan berimbang,” ajaknya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati Hendra juga mengatakan bahwa Pemkab Lamandau akan berusaha maksimal mendukung setiap kegiatan PWI Lamandau.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada pengurus PWI yang sudah dilantik,” tukasnya.

(Andre/beritasampit.co.id)