Dewan Minta Ketersediaan Pangan di Kotim Harus Jelas

IM/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kotawaringin Timur komisi II, Megawati.

SAMPIT – Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah meminta kepada pihak pemerintah daerah melalui dinas terkait terkait dengan ketersediaan pangan.

Hal itu disampaikan oleh legislator komisi II DPRD Kotim, Megawati. Menurutnya pemerintah daerah melalui dinas terkait harus menjamin ketersediaan bahan ketahanan pangan, apabila sampai saat ini kabupaten dengan julukan Kota Mentaya ini belum bebas dari pandemi covid-19.

“Ketersedian bahan kebutuhan dan stok pangan kita harus jelas ketersediaannya, dalam hal ini instansi terkait di kabupaten ini harus memastikan dan menjamin ketahanan pangan kita tetap aman dan tersedia,” kata Megawati, Rabu 12 Agustus 2020 saat dijumpai di ruang kerjanya.

BACA JUGA:   Hari Pramuka ke 59, Pemkab Kotim Banyak Beri Penghargaan

Politisi Partai Amanat Nasional ini menjelaskan, beberapa bulan ke depan pemenuhan bahan pangan bagi masyarakat perlu untuk ditingkatkan. Masyarakat yang memiliki lahan pertanian agar tetap bertani, tetapi harus mawaspadai diri terhadap penyebaran Covid-19.

Menurutnya, masyarakat Kotim saat ini cukup baik dalam membudidayakan tanaman hortikultura atau tanaman kebun. Penggunaan pupuk organik dan penanamannya juga sangat bagus, tetapi peningkatan produksi yang perlu untuk diperhatikan.

BACA JUGA:   Sekretaris Komisi I Minta HGB PT Betang Ekaprima Dicabut

“Karena dari petani ini kita bisa memaksimalkan ketersedian dan stabilnya bahan pangan, instansi terkait juga harus bisa bahu membahu bersama para petani dalam hal ketersediaan bahan pangan,” sebutnya.

Ketersediaan bahan pangan, kata Megawati merupakan kekuatan untuk menghadapi persoalan pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia lebih khusus daerah dengan semboyan bumi Habaring Hurung ini.

(im/beritasampit.co.id).