Mardani Bilang Pidato Presiden Jokowi Hanya Sekedar Pengantar Mimpi

Presiden Jokowi Saat Menghadiri Sidang Tahunan MPR, Jumat, (14/8/2020). Dok: Istimewa

JAKARTA— Anggota DPR RI Mardani Ali Sera merespons pidato kenegaraan Presiden Jokowi dalam sidang Tahunan MPR, Jumat, (14/8/2020).

Mardani mengatakan pidato Jokowi baik, tapi belum ada aksi nyata yang cepat tanggap melakukan perubahan besar pada pemerintahannya.

“Pidato beliau bagus. Tapi hanya sekedar pengantar mimpi, karena minim aksi nyata dan cepat tanggap yang inovatif terlebih dalam kondisi resesi ekonomi,” ujar Mardani.

BACA JUGA:   DPR Minta Bapanas Kaji Kembali HET Beras, Agar Daya Beli Masyarakat Tetap Terjaga

Politisi PKS itu pun meminta Jokowi untuk segera melakukan terobosan pimpin langsung aksi nyata, dan jangan cuma sekedar pura-pura marah aja.

“Pak Presiden harus tunjukkan aksi nyata yang inovatif. Lakukan focusing anggaran. Berani potong yang belum urgen, juga alokasikan pada sektor kesehatan, ekonomi dan pendidikan,”tandas dia.

Selain itu, Mardani juga mendesak Jokowi untuk melakukan perampingan kabinet,agar koordinasi efektif dan efisien.

“Segera tutup lembaga yang bisa dimerger. Harus berani mulai, jangan cuma berani yang kecil dan receh saja,” tegas Mardani.

BACA JUGA:   MK Perpanjang Masa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Kata Mardani, Salah satu pelajaran berharga dari pandemi Covid-19 ini yakni Kementerian/Lembaga banyak yang overlap serta tumpang tindih kerjanya.

“Sebenarnya yang bisa didelegasikan cukup fokus di satu Kementrian/Lembaga saja. Jadi, Presiden harus ambil kebijakan tidak populer dan berani,” pungkas Mardani Ali Sera.

(dis/beritasampit.co.id)