Polsek Seruyan Hilir Gencar Sosialisasi Karhutla Hingga Pasang Spanduk Imbauan

AHMAD/BERITA SAMPIT - Spanduk imbauan terpasang di beberapa wilayah rawan Karhutla.

KUALA PEMBUANG – Polsek Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng) gencar melakukan sosialisasi terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya.

Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro melalui Kapolsek Seruyan Hilir Iptu Setyono mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan cara menyambangi masyarakat dan melalui spanduk-spanduk yang terpasang di beberapa titik lokasi rawan Karhutla.

“Alhamdulillah sudah berjalan hingga ke desa-desa, dan kita punya grup desa jadi kita sosialisasi secara langsung dan melalui grup juga kita sampaikan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Ivo Sugianto Sabran Serap Aspirasi Kaum Perempuan

Lebih lanjut, Kapolsek Seruyan Hilir mengatakan pemasangan spanduk dilakukan di beberapa jalur rawan seperti jalan menuju Sampit telah dipasangi spanduk imbauan.

Pemasangan spanduk tersebut selain dibantu oleh desa, beberapa spanduk juga terlihat dipasang oleh PT Rimbun Seruyan.

Selain itu, Iptu Setyono juga memastikan untuk saat ini penanganan Karhutla di wilayah hukumnya masih dalam skala kecil, sehingga mampu ditangani dalam waktu cepat.

“Kalau penanganan Karhutla kita sudah enam kali tetapi untuk titik hotspotnya masih skala rendah sekitar 8 persen jadi ketika muncul di titik hotspot harus kita tangani, namun tetap kita tindaklanjuti karena ini merupakan perintah dari Polda. Untuk Karhutla kita sama-sama bersinergi dengan Koramil,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Bartim Harus Dapat Program Food Estate, Zain Alkim: Sugianto - Edy Menang Food Estate Berhasil

Dia menyebut, kelima lokasi terjadinya Karhutla yang berhasil ditangani berada di Desa Sungai Perlu, Tanjung Rangas, Pematang Limau, Unit 5 dan Sungai Undang.

“Terakhir kita penanganan di Sungai undang, kita juga mengimbau kepada masyarakat terkait larangan-larangan sesuai maklumat Kapolda,” pungkasnya.

(ASY/beritasampit.co.id)