Wabup Katingan Harap Pengurus Pramuka Memiliki Kemampuan dan Kemauan Jalankan Roda Organisasi

PEMBUKAAN : ANNAS/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat membuka kegiatan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Katingan Tahun 2020 di gedung Salawah Kasongan, Jumat 14 Agustus 2020.

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-V Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Katingan Tahun 2020 di gedung Salawah Kasongan, Jumat 14 Agustus 2020.

Kegiatan itu turut dihadiri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan sejumlah Kepala SOPD, perwakilan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Katingan, Andalan Cabang, Para Pelatih, Pembina, dan Dewan Kerja, serta tamu undangan yang hadir.

Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang, dalam sambutanya mengatakan, kegiatan Muscab telah menjadi ketentuan organisasi, bahwa setiap akhir masa bakti, kwartir cabang berkewajiban menyelenggarakan musyawarah cabang sebagai konsolidasi organisasi.

Dirinya berharap kepada seluruh jajaran Kwartir Cabang, Kwartir Ranting dan Gugus Depan untuk lebih meningkatkan kualitas dan mutu Pramuka di Kabupaten Katingan. Hal ini tentunya agar kualitas sumber daya manusia Kabupaten Katingan dapat sejajar dengan daerah-daerah lain di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

“Satu hal yang perlu kita perhatikan bahwa yang menjadi pokok dalam musyawarah cabang ini, yaitu tidak hanya memilih ketua dan pengurus, tetapi lebih dari itu adalah bagaimana menyusun rencana kerja untuk lima tahun kedepan,” jelasnya.

Sehingga program kerja tersebut, menurutnya, dapat sejalan, seiring dan selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Katingan untuk membangun Kabupaten Katingan.

“Saya juga mengharapkan agar forum musyawarah cabang ini dapat memilih dan menetapkan ketua serta Pengurus Pramuka Katingan masa bakti 2020-2025, yang benar-benar mempunyai kemampuan dan kemauan menjalankan roda organisasi,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Katingan periode 2015-2020, H Jainudin Sapri, menyampaikan, bahwa masa bakti kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Katingan yang dipimpinya kurang lebih 3 tahun, dan berakhir tanggal 3 April 2020.

BACA JUGA:   Masyarakat Keluhkan Kehabisan Pertalite di SPBU Buntut Bali, Dugaan Warga BBM Subsidi Diselewengkan

Pasalnya, hal tersebut sesuai dengan surat keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah Nomor : O7 Tahun 2017 tentang susunan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Katingan. Pergantian antar waktu masa bakti 2015-2020, yang sebelumnya dipimpin oIeh almarhum Kak Hartoni, kurang lebih 1,5 tahun.

Mengingat kondisi dearah pada bulan April gencar-gencarnya Iarangan Pemerintah untuk berkumpul. akibat terjadinya pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan kegiatan Musyawarah Cabang dapat dilaksanakan saat ini.

“Saya atas nama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Katingan, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah atas dukungannya. Dan saya mohon maaf sebesar -besamya, apabila selama saya memimpin Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Katingan ada hal yang kurang berkenan,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).