SIWO Kalteng Siapkan Atlet Terbaiknya Ikuti Porwanas

IST/BERITA SAMPIT - Salah Satu Pemain Saat Gocek Bola

PALANGKA RAYA – Untuk memulai Adaptasi dalam berolahraga, pecinta sepakbola di Palangka Raya melakukan kegiatan sparing partner sepakbola dengan tajuk ‘Tropeo’ Sahabat Milineal 2020.

Kegiatan atas kerjasama antara Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalteng ini bekerjasama dengan club sepakbola dan fans club Kalteng Putra, Kalman Persepun, untuk meningkatkan olahraga sekaligus memulai kegiatan latihan awal atlet wartawan SIWO PWI Kalteng dalam menghadapi Porwanas 2021 di Jawa Timur nantinya.

Kegiatan tropeo ini dibagi menjadi tiga tim yakni SIWO Kalteng, Kalman Pahandut dan Persepun FC, dengan sistem pertandingan satu babak, atau sparing partner dengan durasi waktu 35 menit per babak, Minggu (16/8/2020).

“SIWO Kalteng memulai untuk mengumpulkan atlet wartawan untuk latihan awal, adaptasi dimulai dengan cabor sepakbola, futsal dan lainya. Kebetulan dibantu kawan kawan Kalman Persepun untuk sparing partner jadi kita buat tiga tim biar tambah seru dan dapat melihat permaianan atlet wartawan. Dari tiga tim sparing, Persepun FC berhasil meraih juara dan SIWO PWI Kalteng kedua. Ini bukan hasilnya yang dilihat, namun adaptasi olahraganya dan memulai mengumpulkan atlet wartawan setelah lama melakukan latihan mandiri dampak covid-19,” kata Ketua SIWO PWI Kalteng, Giben, usai kegiatan.

Disebutkan Giben, untuk SIWO Kalteng sudah memulai kegiatan awal yang juga diikuti atlet PWI dari daerah seperti PWI Katingan, Lamandau, Gunung Mas dan wartawan di Kota Palangka Raya.

“Berat memang situasi pandemi saat ini melakukan latihan dan mengumpulkan orang. Namun kami tetap mengarahkan agar latihan mandiri dan meningkatkan adaptasi olahraga, dan sesekali latihan bersama sparing partner,” ucap Giben. Yang didampingi Sekretaris SIWO Infar Saksena, di pinggir lapangan.

Sementara itu salah satu pentolan Persepun FC, yang juga berhasil meraih juara, Syarif mengutarakan kegiatan tropeo ini selain menambah semangat anak anak Kalman Pahandut dan Persepun sekaligus juga menambah keakraban bersama SIWO PWI Kalteng yang menyiapkan fisik dan kekompakan untuk menghadapi Porwanas 2021 mendatang.

BACA JUGA:   Asisten Setda Kalteng Hadiri Peringatan Harhubnas

“Kawan kawan senang dan mengapresiasi inisiasi SIWO untuk berolahraga bersama. Selain melakukan protokol kesehatan, juga mengurangi pemain dan sparing internal anak anak pecinta sepakbola Kalteng Mania serta Persepun. Ini menambah gairah olahraga anak anak muda dan pecinta sepakbola. Terimakasih kawan kawan wartawan, sahabat Kalman dan Persepun sudah mendukung kegiatan olahraga, dan menambah semangat berolahraga,” ucap Syarif.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai penghormatan perayaan HUT RI ke-75 tahun, kemudian dilangsungkan pertandingan persahabatan antara Persepun FC melawan Kalman wilyah Pahandut.

Dalam kesempatan itu, pertandingannyang dipimpin oleh wasit Sugeng Wahono, tim Persepun FC yang diperkuat Syarif, Pepey, Lisan, Surya, Fanji, Abdi, Gafur, Irul dan Ican, menggebrak lebih awal pertahanan Kalman Pahandut dibawah pertahanan Satria, Iyui, Uzy, Endi Dos Santos, Tegar, Edo, Fajrin dan Norman. Gawang Satria yang juga DJ terkenal di Palangka Raya ini bobol oleh Jojo dari sebelah kanan pertahanan.

Saat asik membalas menyerang, DJ Satria kembali memungut bola dari gawangnya sendiri setelah bola yang di halau oleh bek andalan Iyui melengkung masuk kedalam jala sendiri, 2-0 kedudukan di menangkan oleh Persepun FC. Jeda lima menit, giliran tim SIWO PWI Kalteng yang menghadapi Kalman Pahandut, dimana diawali dengan permainan yang sama kuat.

Tusukan umpan kedua tim sama sama memberikan peluang, namun sampai 10 menit berlangsung belum ada gol tercipta. Strategi yang dibuat Coach Sugianto membuat suasana berubah, dimana pemain SIWO Udin, Adi Wibowo, Emanuel Liu, Gordon, Anas, Anggra, Tri dan Ridho membuat serangan apik.

BACA JUGA:   Khairil Anwar : Pelajar dan Pemuda Rentan Terpapar Radikalisme

Bola di tusuk dari tengah oleh Suryanto menuju Adi dan kearah Deni hingga dilesatkan oleh Babay yang di eksekusi oleh Ridho dengan terjadinya gol.

Tim Kalman Persepun harus kehilangan Kapten Uzy karena mengalami kram dan digantikan oleh pemain lainya. Lemahnya sisi belakang dan tengah dimanfaatkan oleh tkm SIWO hingga Anas berhasil menambah pundi satu gol, dimana sampai peluit ahir ditiup 2-0 kemenangan tim SIWO. Di babak ahir, tim SIWO menurunkan Gogon, Asir, Ari, Adan, Abaw, serta Budi sebagai Kiper kedua, untuk menambah kekuatan.

Babak penentuan bagi kedua tim menambah semangat, dimana gol diaawali pemain Persepun FC yang tidak di sangka sangka, Alfian. Bole sontekan dari tengah dimanfaatkan oleh pria yang juga penjual Geprek Kampung Baru itu melesatkan si kulit bundar ke arah pojok gawang, Budi kebobolan 1-0.

Tim SIWO berusaha menyerang melalui Yusuf yang terus menekan pertahanan Persepun, namun sayang ketangguhan Kiper Lisan dan trio pertahanan Rizal, Irul dan Jit-Sung, membuat penyerang SIWO kewalahan.

Sisa 15 menit, serangan Persepun FC kembali di gencarkan oleh Gafur, dengan mengoper bola ke Panji. Meskipun sudah bisa dipertahankan, namun tendangan jarak jauh Panji mengecor langkah Budi sehingga bola berhasil masuk,2-0 untuk kedudukan Persepun FC.

Upaya dibangun Coach Sugianto membuahkan hasil, dimana serangan tim SIWO ahirnya berbuah manis, alhasil tendangan Abaw memperkecil devisit gol SIWO sampai babak ahir, kedudukan 2-1 dimenangkan Persepun FC yang berhak menerima piala sebagai juara Tropeo Sabahat Kalman Persepun.

“Terimakasih sahabat Kalman, pendukng setia Kalteng Putra yang juga giat berolahraga sepakbola. Terimakasih sahabat pecinta sepakbola Persepun yang mau membantu tanding persahabatan bersama atlet SIWO PWI Kalteng,” tutup Giben.

(Hardi/Beritasampit.co.id)