Digelar Sederhana, Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di Katingan Berjalan Khidmat

UPACARA HUT RI : IST/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat memimpin upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI, di halaman kantor Bupati Katingan, Senin 17 Agustus 2020.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, pimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman kantor Bupati Katingan, Senin 17 Agustus 2020. Upacara yang digelar secara sederhana namun khidmat, dengan mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19.

Upacara ini dihadiri sejumlah pejabat seperti, Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Kapolres Katingan Andri Siswan Ansyah SIK, Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit Mayor Inf Supriyanto dan sejumlah pejabat Kepala OPD, serta tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Sakariyas membacakan sambutan pidato Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, dihalaman kantor Bupati Katingan. Disampaikan, bahwa sebagai wujud kepatuhan masyarakat terhadap protokol penanganan Covid-19, maka peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan dengan sederhana, tanpa mengurangi makna strategis dan nilai esensial yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:   Cegah Karhutla, BPBD Katingan Bentuk 875 Satgas Kebencanaan

Pasalnya, peringatan hari ulang tahun Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 ini, terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya dan akan tercatat bahwa peringatan kali ini dilakukan dalam suasana keprihatinan yang mendalam karena mewabahnya pandemi Covid-19.

“Segenap daya dan upaya dikerahkan dan dengan dukungan dana yang besar, secara terintregrasi yang melibatkan semua stakeholder dan lintas elemen masyarakat guna mengendalikan penyebaran virus demi memberikan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat,” terang Bupati Sakariyas, saat membacakan sambutan terlulis Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran.

Sebagaimana tema HUT RI ke-75 Tahun 2020 adalah “Indonesia Maju”, merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga, sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

BACA JUGA:   Tumbang Samba Kembali Banjir, Puluhan Rumah Terendam

“Makna Kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata. kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa,” pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Sakariyas, didampingi Wakil Bupati Katingan, Kapolres Katingan serta pejabat lainnya kemudian mengikuti kegiatan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indoensia secara Virtual dari Istana Merdeka, di ruang rapat Bupati Katingan. (Annas/beritasampit.co.id).