Sungai Kebuyu di Seruyan Dipenuhi Sampah Berserakan, Warga Minta Fasilitas Tong Sampah

SAMPAH BERSERAKAN : AFNER JULIWARNO/BERITA SAMPIT - Keadaan sungai Kebuyu Kelurahan Rantau Pulut, Kecamatan Seruyan Tengah yang dipenuhi sampah berserakan.

KUALA PEMBUANG – Keadaan sungai Kabuyu yang terletak di Kelurahan Rantau Pulut, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak sampah-sampah di sungai tersebut berserakan.

Hal ini diduga, diakibatkan masyarakat tidak memiliki kesadaran akan dampak lingkungan, seperti bisa merusak ekosistem sungai, penyakit dan pendangkalan terhadap sungai.

Salah satu masyarakat yang ditemui beritasampit.co.id, yang tidak ingin disebutkan namanya menuturkan, bahwa tidak ada pilihan lain selain membuang sampah di sungai.

BACA JUGA:   Polsek Seruyan Hilir dan Satgas Ops Yustisi Cek Penerapan AKB

“Kalau pihak kelurahan menyediakan tong sampah, kami tidak akan membuang sampah di sungai ini. Ya harapan kami pihak kelurahan bisa memfasilitasi tong sampah,” tuturnya, Senin 17 Agustus 2020.

Dari sisi sungai sampai di muara, memang sangat memprihatinkan. Salah satu ibu-ibu rumah tangga yang merupakan warga setempat, saat diwawancara ketika mencuci baju di sungai tersebut pun mengatakan, tidak memiliki pilihan lain selain mencuci di sungai Kabuyu.

BACA JUGA:   Bangunan Semi Permanen Membuat Kebakaran di Kuala Cepat Meluas

“Ya mau gimana lagi, terpaksa harus mencuci di sini, walaupun sampah banyak di sini,” katanya. (Afner Juliwarno/beritasampit.co.id).