Terbatas, Uang Rp 75.000 Edisi HUT RI Resmi Diluncurkan

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri (Tengah)

PALANGKA RAYA – Peluncuran uang peringatan 75 tahun RI dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri. Acara peluncuran disaksikan secara virtual di Aula Jayang Tingang, Senin 17 Agustus 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara tersebut menyampaikan bahwa uang rupiah yang berupa lembaran bernominal Rp 75.000 ini tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat, dicetak terbatas sebanyak 75 juta lembar saja dan ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Buka Pasar Ramadan di Mentaya Hulu

Uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan dan pelaksanaan kegiatan ekonomi.

“Peluncuran uang rupiah khusus untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia,” ungkap Sri Mulyani.

Adapun uang kertas Rp 75.000 itu didominasi oleh warna merah, putih, dan hijau. Tema dan makna filosofisnya adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

BACA JUGA:   Tingkatkan Silahturahmi Keluarga Besar RSUD Palangka Raya Gelar Buka Puasa Bersama

Tampak turut mendampingi Sekda Fahrizal Fitri yaitu Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Nuryakin serta Plt. Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Kalteng Said Salim.

(Hardi/Beritasampit.co.id)