Unik, Cara POS TNI AL Kumai Meriahkan HUT RI Ke 75

Ist/BERITA SAMPIT - Pos TNI AL Kumai menggelar Acara Konvoy Kapal Memperingati HUT RI Ke 75.

PANGKALAN BUN – POS Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kumai Kabupaten Kobar, semarakan acara detik-detik Peringatan Proklamasi RI Ke 75, dengan konvoi berbagai jenis perahu yang dihias Bendera Sang Saka Merah Putih, Senin,17 Agustus 2020.

Menjelang Pukul 10.00 WIB, acara yang ‘langka’ di DAS Kumai dari sekitar lokasi Pelabuhan Panglima Utar, sejumlah kapal langsung menujui kedepan Dermaga Markas TNI AL, untuk mempersiapkan strategisnya untuk acara konvoi.

Pada detik-detik dikumandangkannya ‘proklamasi’ Kemerdekaan RI Ke 75, tepat Pukul 10.00 WIB sejumlah jenis kapal berjejer di depan dermaga Pos TNI AL, dengan seksama mengumandangkan Lagu Indonesia Raya.

BACA JUGA:   Polres Kobar Ajak Masyarakat Pakai Masker

Disaat para peserta perahu yang akan konvoi menyanikan Lagu Indonesia Raya, juga masyarakat nelayan dan kapal-kapal lainnya pun mendadak ikut berhenti beberapa menit sambil membunyikan ‘sirine’, termasuk kapal-kapal yang labuh didermaga pun sama ikut membunyikan sirine, untuk menghormati ‘detik-detik’ Proklamasi.

Setelah para peserta di atas kapal ‘mengheningkan cipta’, dan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya, kemudian deretan kapal mulai star dari depan dermaga Pos TNI AL, menuju arah Pelabuhan Panglima Utar. Kemudian kembali berputar arah menuju titik start di Markas Pos TNI AL Kumai.

“Acara ini direncanakan hanya tiga hari berkat dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Kumai, Alhamdullilah berlangsung cukup meriah,” kata Letda (P) Rio Kusuma Komandan POS TNI AL (Danpos AL) Kumai.

BACA JUGA:   Dandim Jamin Seluruh Personel Kodim 1014/PBun Bebas Narkoba

Menurut Rio, acara ini kerjasama dengan Jajaran Dirpolair Polda Kalteng Markas (Marnit) Kuma dan KSOP Kumai.

Dijelaskan Rio, acara ini yang paling utama memperingati Hari Proklamasi RI Ke 75. Tujuannya untuk menanamkan rasa ‘Nasionalisme’ gar warga masyarakat sekitar perairan DAS Kumai, khususnya para nelayan bisa mengenang semangat para pahlawan.

“Dengan mengenang jasa-jasa semangat para pahlawan, kita semua khususnya para nelayan jadi lebih semangat dalam mengisi aktivitasnya,” ujar Rio.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya masyarakat Kumai dan para pelajar, sehingga acara ini meriah dan sukses.

(man/beritasampit.co.id).