Cegah Karhutla, Babinsa Ini Rutin Patroli dan Sosialisasi

IST/BERITA SAMPIT - Babinsa Koptu Heriansyah dan Bhabinkamtibmas melaksanakan Patroli Karhutla.

PANGKALAN BUN – Koramil 1014 – 04 Arut Utara melalui Babinsa Koptu Heriansyah dan dua rekannya bersama Bhabinkamtibmas serta Masyarakat Peduli Api melaksanakan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kelurahan Pangkut dan Desa Sukarame, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa 18 Agustus 2020.

Koptu Heriansyah menyampaikan, bahwa sebagian besar wilayah Kecamatan Arut Utara adalah desa yang rawan terjadi Karhutla, maka dalam rangka mencegah terjadi hal itu, pihaknya rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan membakar dan bahaya Karhutla.

BACA JUGA:   Hati-Hati Jalan di Sekitar Perkebunan Sawit, Banyak Ular Cobra

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar dan juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan pekarangan rumah agar menjaga api apabila sedang membakar sampah.

“Agar tidak terjadi kebakaran, apabila membuang puntung rokok agar puntung rokok sebelum dibuang harus dipastikan telah padam,” tutur Koptu Heriansyah.

Lebih lanjut Ia menambahkan, Patroli Karhutla ini secara rutin dilaksanakan untuk memantau titik api, guna mencegah agar tidak terjadi Karhutla di wilayah tersebut, dengan mengajak masyarakat agar peduli. Ia mengajak masyarakat bersama-sama melaksanakan patroli Karhutla.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar: Penyerahan Laporan Keuangan Kepada BPK Berdasarkan PPU Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemda

“Apabila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan di sengaja membakar lahan atau hutan, segera laporkan kepada aparat di desa baik itu kepada Kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti,” tegas Heriansyah. (Hardi/beritasampit.co.id).