Mahasiswa Dilatih Penanganan Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Saat Latih Mahasiswa UPR

PALANGKA RAYA – Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus diupayakan oleh Polresta Palangka Raya, dengan melakukan sosialisasi, pelatihan hingga penegakan hukum.

Selaras dengan hal tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Aipda Toha melakukan hal inovatif dengan menggalang Mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayahnya, Selasa 18 Agustus 2020.

“Hari ini kami melatihkan cara penanganan karhutla kepada para mahasiswa sekalian, yang merupakan generasi muda penerus bangsa ini,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Aipda Toha.

BACA JUGA:   Tak Jera, Residivis Curat Kembali Dibekuk Polisi di Palangka Raya

Bertempat di salah satu lahan Jalan Yos Sudarso ujung, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mereka berlatih penanganan kebakaran lahan dengan menggunakan peralatan lengkap pemadam api.

“Memadamkan kebakaran lahan di tanah gambut tidaklah mudah, sebab api merambat hingga ke bagian dalam, oleh karena itu harus menggunakan penyemprot bertekanan tinggi dan persediaan air yang banyak,” ucapnya.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Sambut Personel Satbrimob Purna Satgas Operasi Daerah Rawan di Papua

Selain pelatihan tersebut, dirinya juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa agar dapat menjadi pelopor dari generasi muda untuk mencegah terjadinya karhutla di Kota Palangka Raya.

“Kalian adalah harapan kami untuk meneruskan perjuangan menjaga Bumi Tambun Bungai dari karhutla dan bencana kabut asap, oleh karena itu mulailah persiapkan diri dan tanamkan kecintaan terhadap kota kita ini,” pungkasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)