Peradah Bina dan Motivasi Umat Hindu Kaharingan Agar Mampu Bersaing

FOTO BERSAMA : IST/BERITA SAMPIT - Dewan Pimpinan Kota Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Kota Palangka Raya saat foto bersama dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Derawa, Kecamatan Batu Ampar.

KUALA PEMBUANG – Dewan Pimpinan Kota (DPK) Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14-16 Agustus 2020 di Desa Derawa Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan.

Ketua DPK Peradah Indonesia Kota Palangka Raya, Junaedi menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dan kontribusi langsung dengan cita-cita untuk membina dan memberikan motivasi, ilmu serta pengalaman kepada masyarakat.

Menurutnya, Peradah hadir untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, khususnya untuk regenerasi supaya umat Hindu Kaharingan kedepannya dapat lebih mampu bersaing serta berpendidikan yang tinggi agar umat Hindu Kaharingan tetap eksis.

BACA JUGA:   Suasana Beda, Rakordes Diselenggarakan di Tengah Sawah

Dalam hal ini umat Hindu Kaharingan khususnya di Desa Derawa, kata Junaedi, sangat antusias dan bahagia menyambut kedatangan Peradah, karena mereka juga perlu bimbingan mengenai bagaimana Hindu Kaharingan ini kedepannya.

Di Desa Derawa masih dapat dilihat kentalnya ritual-ritual agama Hindu Kaharingan. Mereka tetap menjunjung tinggi dan menghargai ritual dengan alasan agar Hindu Kaharingan tetap ada dan tetap bersatu.

BACA JUGA:   Polsek Seruyan Tengah dan Satgas Gabungan Ingatkan Warga Terkait Protokol Kesehatan

“Umat Hindu Kaharingan di Desa Derawa juga berpesan agar mereka mendapat kunjungan dan penyuluhan agar mereka dapat dibina karena masih banyak keterbatasan serta kekurangan baik dari moril maupun material,” kata Junaedi, melalui rilis yang diterima, Senin 17 Agustus 2020.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Peradah yaitu, memperkenalkan organisasi Peradah, pelatihan pembuatan sarana Basarah, pembuatan plang nama balai, pembagian buku kandayu, serta plang nama kuburan dan ada juga bakti sosial di lingkungan balai serta lingkungan kuburan umat Hindu Kaharingan. (Red/beritasampit.co.id).