Koramil 1015-02/Bbg menghadiri Sosialisasi Pencegahan Karhutla

KASONGAN – Memasuki musim kemarau tahun 2020 ini, Danramil 1015-02/Bbg Letda Caj Subroto menghadiri sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta Simulasi penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan dari Dinas BPBD Kabupaten Katingan bertempat di Aula Kecamatan Kamipang, Rabu 19 Agustus 2020.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh Dinas BPBD Kab Katingan Eka Suryadilaga, Manggala Agni Kab Katingan Ipidiansyah, Camat Kec Kamipang Ade Irawan, Danramil 02/Bbg dan Anggota, Polsek di wakili Babinkamtibmas (Brigka Budi) dan anggota, BPP Pertanian Kec Kamipang. Arnado, Kades SeKecamatan Kamipang, Perwakilan dari Perusahaan, Satgas Kec dan desa. Pada kesempatan itu, Danramil 1015-02/Bbg Letda Caj Subroto meminta kepada masyarakat agar terus bekerja sama dan bersinergi dalam pengendalian karhutla.

BACA JUGA:   Koramil 1015-04/Tbs Bentuk Posko Terpadu Siaga Banjir

“Kami juga mengimbau kepada semua pihak untuk tidak membakar hutan dan lahan. Karena kami tidak akan segan-segan untuk menindak secara hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan,” kata Letda Caj Subroto.

Pada kegiatan itu, tahapan simulasi dimulai dari saat petugas tanggap darurat yang menerima informasi karhutla dari lapangan. Setelah mendapatkan petugas melakukan deteksi dini dan overview pada areal kebakaran. Danramil 1015-02/Bbg Letda Caj Subroto mengatakan, simulasi itu dilakukan agar semua pihak memiliki dasar kemampuan menanggulangi api saat Karhutla terjadi.

BACA JUGA:   Danramil Kumai Pimpin Kegiatan Jum'at Bersih

“Kami dari TNI POLRI bersama pemerintah Kecamatan Kamipang melaksanakan simulasi pemadaman karlahut. Sehingga saat kebakaran itu benar-benar terjadi, kita semua sudah memiliki dasar tentang apa apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Guna mengantisipasi hal itu terjadi, Letda Caj Subroto mengaku sebagai TNI POLRI dan pemerintah tingkat kecamatan sering melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat, tokoh agama, serta tokoh pemuda.

“Mudah-mudahan saja kebakaran itu tidak terjadi. Namun setidaknya, kami sudah melakukan segala antisipasi agar hal itu tidak terjadi,” jelasnya. (Hardi/Beritasampit.co.id)