Pilkada Kotim: Baru Halikin-Irawati yang Pasti

Abdul Hafid

SAMPIT – Pasangan Halikinnor-Irawati bisa dipastikan akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotawaringin Timur (Kotim). Pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini disebut-sebut sudah mendapatkan tambahan dukungan partai politik koalisi menghadapi Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Dengan dipastikannya pasangan Halikin-Irawati bertarung dengan sejumlah partai koalisi, makan membuka peluang terjadinya Head to Head atau Pilkada Kotim hanya akan diikuti dua pasangan calon.

“Peluang terjadi head to head terbuka lebar dalam Pilkada Kotim. Pasalnya, saat ini tarik menarik kekuatan politik sedang berjalan,” ungkap pemerhati politik, Abdul Hafid, Selasa (18/8).

BACA JUGA:   KPU Barito Timur Tak Ingin Pilkada Jadi Sumber Penyebaran Covid-19

Seperti diketahui, calon bupati yang telah muncul ke permukaan selain Halikinnor-Irawati, ada pasangan Rudini-Samsudin, Suprianti-Sanidin, dan Taufiq Mukri-Supriadi. “Dari keempat calon tersebut, hanya pasangan Halikinnor-Irawati yang bisa dipastikan dapat bertarung dalam Pilakda mendatang,” katanya.

Sementara, calon lainnya seperti Rudini-Samsudin hanya masih mengantongi rekom partai PAN. Yang tentunya, PAN tidak bisa mengusung sendiri dalam Pilkada karena masih memiliki 6 kusi, dan perlu dua kursi lagi.

BACA JUGA:   KPU Kotim Minta Paslon Daftarkan Medsos, Maksimal 20 Akun

“Selain pertarungan head to head, peluang bongkar pasangan calon bisa terjadi juga. Sebab hingga kini belum ada kepastian dari kandidat tandem politiknya,” jelas Hafid.

Menurut Hafid, peluang dukungan partai diambil alih oleh calon lain juga masih terbuka lebar. Karena partai juga tidak memiliki prosedur yang standar untuk menentukan calon kandidatnya. “Tidak heran, diwaktu detik-detik terkahir nanti bakal ada pasangan calon yang terpental,” bebernya. (redha)