Sugianto Sabran Ingatkan Warga Waspada Hoaks Terkait Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Penyebaran informasi terkait Covid-19 melalui media sosial tidak dapat terhindar dari adanya penyebaran informasi Hoaks.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah dengan keaktifan para dokter dan peneliti untuk terjun langsung mengedukasi dan memberikan informasi ke dalam ekosistem media sosial.

Kehadiran peneliti dan dokter di ekosistem media sosial dapat menciptakan interaksi dengan pengguna lain yang efektif dalam mencegah penyebaran informasi Hoaks.

Demikian diungkapkan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui juru bicara Tim Komunikasi Publik Satuan Tugas Rita Juliawati, Jumat 21 Agustus 2020.

BACA JUGA:   Kunjungi Korban Banjir, Kapolsek dan Ketua Bhayangkari Hanau Serahkan Bantuan Beras

Menurutnya, dengan edukasi secara sederhana ini dapat menciptakan keinginan masyarakat untuk turut serta menyebarkan informasi yang benar sehingga dapat menekan potensi tersebarnya informasi Hoaks.

Langkah ini tentu memerlukan dukungan semua pihak, untuk itu Gubernur juga meminta kepada masyarakat untuk lebih bijak menggunakan medsos.

Selain itu, berita hoaks juga bisa dilaporkan langsung kepada Kominfo sebagai lembaga resmi pemerintah yang menangani penyebaran berita hoax.

BACA JUGA:   Simak! Ini Tips Menghadapi Covid-19 Dari Gubernur Kalteng

Dalam hal ini, Kominfo telah menyediakan fitur khusus bagi masyarakat untuk melaporkan berbagai berita palsu yang didapatkan.

Fitur ini bisa diakses secara langsung melalui portal resmi Kominfo. Semakin banyak masyarakat yang menyadari hal ini, maka penyebaran hoaks bisa ditekan.

Bukan hanya itu, cara ini juga bisa menghindarkan masyarakat dari kondisi kepanikan dan kecemasan yang semakin buruk di tengah wabah Covid-19.

(Hardi/Beritasampit.co.id)