Sukseskan Pilkada Serentak 2020, Polda Kalteng Terus Berkoordinasi

Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono

PALANGKA RAYA – Polda Kalteng menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) lintas sektoral kesiapan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 yang bertempat di lobby Mapolda Kalteng, Senin 24 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, melalui Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono, serta dihadiri Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Ketua KPU Kalteng Harmain, Wakajati Kalteng Marang, dan Komisioner Bawaslu Bidang Penyelesain Sengketa Dr. Rudiyanti Dorotea Tobing, serta diikuti Bupati dan Kapolres jajaran Provinsi Kalimantan Tengah secara virtual.

“Pilkada kali ini sangat berbeda dengan pilkada sebelumnya karena situasi bencana non alam Pandemi covid -19 masih berlangsung sehingga dalam pelaksanaannya harus benar – benar memperhatikan protokol kesehatan,” kata Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono.

Dalam Rakor kali ini juga dilaksanakan pendatanganan nota kesepahaman antara Polda Kalteng dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, Korem 102 Panjung, KPU Provinsi Kalteng yang bertujuan sebagai bentuk kesiapan seluruh stake holder dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Launching Tim Reaksi Cepat

“Semoga dengan dilaksanakannya rakor lintas sektoral ini dapat mewujudkan pilkada serentak tahun 2020 yang aman, damai, dan lancar serta wabah pandemi covid -19 ini dapat segera berlalu dari negara kita,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, mengatakan Rakor ini strategis karena merupakan kesiapan menghadapi pelaksanaan pilkada.

“Pilkada merupakan sarana demokratis dalam tercapainya pemimpin yang dikehendaki dan dipercaya rakyat. Kita antisipasi kerawanan yang bisa muncul dalam pelaksanaan tahapan pilkada. Sinergitas semua unsur/instansi dalam penyelenggaraan Pilkada kalteng 2020,” kata Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

BACA JUGA:   Arton Optimis Tim Kampanye dan Relawan Bergerak Masif Menangkan Sugianto-Edy Pratowo

Danrem menegaskan netralitas harus dijaga, dalam mengamankan pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga mengapresiasi langkah langkah aparat keamanan dalam rangka menciptakan kondusifitas di wilayah Kalteng.

“Kita bangun komunikasi yang baik sehingga terlaksana pilkada yang baik dan terpilih pemimpin Kalteng yang sesuai kehendak rakyat. Suhu politik tentu meningkat, tetapi kita bisa saling menghormati sehingga wilayah aman dan tentram,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berpesan upaya peningkatan partisipasi pemilih dengan langkah-langkah nyata. Selain itu lakukan monitoring ke Kabupaten kabupaten sehingga mengetahui apa kendala pelaksanaan pilkada yang dialami sehingga cepat ditangani.

“Kita khawatirkan kurangnya partisipasi masyarakat dalam pilkada. Kita harapkan dalam kegiatan ini ada masukan dan saran demi suksesnya penyelenggaraan pilkada Kalteng,” ucapnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)