DPD RI Apresiasi Launching Buku Dr Juni Gultom

IST/BERITA SAMPIT - Dr Juni Gultom, saat berbincang santai dengan Wakil Ketua DPD RI di Senayan Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kotawaringin Barat, Dr Juni Gultom ternyata diam-diam memiliki bakat menulis.

Buktinya, hari ini sebuah buku karangannya berjudul ‘Manakar Kebijakan Penyediaan Terminal Penumpang dari Prespektif Good Governance’, siap dilaunching.

“Maaf bukan saya ingin tersohor mengarang buku ini, tapi inilah sekelumit pemikiran, sumbangan saya untuk membangun negeri. Dan bukunya dijual bebas untuk umum Rp 175 ribu,” kata Juni Gultom, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Selasa, 25 Agustus 2020.

Meski di tengah sibuknya menjalankan tugas sebagai abdi negara, Juni akhirnya menyelesaikan buku karangannya setebal 422 halaman.

Pengerjaan buku ini mulai, dirinya kerjakan sebelum pandemic Covid19 dirinya sudah mengarang berbagai kebijakan pelayanan publik bidang transportasi.

“Nah, disaat Pandemi covid19 sebelum diumumkan new normal banyak waktu luang, maka saya genjot karangan itu sampai selesai. Setelah tulisan/redaksionalnya di proses melalui pengeditan, Alhamdullilah tulisan karangan saya sudah jadi Buku,” ujar Juni Gultom.

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Dorong PUPR Secepatnya Koordinasi Soal Jalan Rusak
Buku karangan Juni Gultom judul : “Menakar Kebijakan Penyediaan Terminal Penumpang Dari Prespektif Good Governance.

Buku ini, membahas secara komprehensif kebijakan hukum dan pelayanan publik bidang transportasi, khususnya penyediaan fasilitas bagi penumpang di bandara, stasiun dan terminal kota-kota besar di Indonesia, masih memiliki kelemahan-kelemahan yang cukup kompleks.

Salah satu di antaranya ialah tidak berfungsinya fasilitas publik tersebut sebagaimana mestinya.

Hal ini sangat kontradiktif dengan tujuan hukum ideal dan pembangunan nasional dalam regulasi dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya rekonstruksi aspek-aspek hukum yang komprehensif baik dari segi yuridis, filosofis maupun sosiologis.

Dengan tujuan, nilai-nilai kemanfaatan dan keadilan dapat diimplementasikan melalui kinerja pemerintah maupun swasta bidang pelayanan publik yang sesuai dengan substansi, struktur maupun kultur masyarakat.

BACA JUGA:   Ketua TP PKK Kobar Imbau Seluruh PKK Desa Bergerak Gali Potensi Desa

Buku ini berupaya mengkaji dan memberi solusi terhadap persoalan-persoalan di atas, baik yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan hukum maupun penyediaan terminal penumpang yang didasarkan pada regulasi dan cita hukum (rechtsidee) serta kebutuhan masyarakat kontemporer.

Sehingga pelayanan publik bagi penumpang menjadi satu kesatuan yang terintegrasi dengan sistem transportasi nasional, regional dan internasional.

Guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa dan nilai-nilai keadilan Pancasila dalam memajukan kesejahteraan umum dalam menghadapi persaingan global di era Masyarakat Ekonomi Asean”.

Ditambahkan Juni Gultom, saat di Jakarta dirinya sempat berkunjung ke Gedung DPD RI di Senayan dan diterima oleh Wakil Ketua DPD RI, Dr Mahyudin.

“Beliu sangat mengapresiasi dengan terbitnya buku Menakar Kebijakan Penyediaan Terminal Penumpang Dari Prespektif Good Governance, yang merupakan salah satu sumbangsih untuk negeri kata beliau,” pungkasnya.

(man/beritasampit.co.id).