Sambut Hari Sungai Sedunia, Pemkab dan Rimba Raya Conservation Gelar Berbagai Kegiatan

AHMAD/BERITA SAMPIT - Dalam rangka menyambut hari Sungai sedunia yang jatuh pada 27 September 2020, PT Rimba Raya Conservation (Rimba Raya) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Seruyan akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

KUALA PEMBUANG – Dalam rangka menyambut hari Sungai sedunia yang jatuh pada 27 September 2020, PT Rimba Raya Conservation (Rimba Raya) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Seruyan akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

Selain kegiatan Bersih Sungai Seruyan, PT Rimba Raya dan DLH Seruyan juga mengadakan lomba bersih desa, dengan juri yang terdiri dari perwakilan Pemkab Seruyan, Balai Taman Nasional Tanjung Puting (BTNTP) dan Orangutan Foundation Internasional (OFI).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Seruyan Priyo Widagdo mengatakan, selain mengadakan kegiatan Bersih Sungai Seruyan, nantinya akan menggelar berbagai perlombaan.

“Intinya kegiatan ini menyadarkan masyarakat, tetapi ada aksi yang diprogramkan oleh Rimba Raya yaitu lomba desa bersih, lomba melukis, lomba membuat poster, dan lomba foto dengan konsep lingkungan. Jadi nanti ada 13 desa yang akan mengikuti lomba ini,” ujar Priyo, Selasa 25 Agustus 2020.

BACA JUGA:   Selain Menangkan Sugianto - Edy, Ternyata PDIP Target Kepala Daerah Barito Timur

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Teknis Rimba Raya Conservation M Ashari mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama 2 bulan ini meliputi lomba menggambar tingkat SD lomba membuat poster tingkat SMP lomba membuat artikel tingkat SMA lomba Desa bersih di 11 Desa dan lomba foto platform Instagram @bersihseruyan2020 untuk seluruh masyarakat Seruyan,” ucapnya.

Untuk diketahui, bagi Rimba Raya kegiatan ini merupakan aksi pencegahan mitigasi perubahan iklim, program lingkup kesehatan dan edukasi titik program bersih sungai ini sudah dilakukan sejak 2019.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Jadi Penyiar Ada Apa ?

Rimba Raya merupakan proyek restorasi ekosistem yang bertujuan untuk memulihkan dan menjaga ekosistem hutan rawa gambut tropis yang merupakan habitat penting orangutan dan penyangga utama TN Tanjung Puting di Kabupaten Seruyan dengan prinsip pengelolaan ekologi ekonomi dan sosial. Wilayah kerja Baraya berada di 14 desa, di 2 Kecamatan Seruyan Hilir dan Danau Sembuluh di Kabupaten Seruyan.

Selain itu, dengan memberdayakan masyarakat agar terlibat di dalam menjaga dan melestarikan ekosistem hutan rawa gambut dengan pendekatan masyarakat berdaya, hutan sehat, iklim terjaga dan mendukung pencapaian target SDGs di wilayah Desa binaan Rimba Raya. Selain bersih Sungai Seruyan Rimba Raya juga mengadakan kegiatan Pelayanan Kesehatan melalui klinik terapung. (ASY)