86 Persen Masyarakat Kalteng Terdaftar JKN-KIS

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalteng Hamka

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengahdiri kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Tahap II Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalteng Hamka mewakili Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan sekaligus membuka acara secara virtual, di Aula Eka Hapakat kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu 26 Agustus 2020.

Acara ini dihadiri oleh Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara Prio Hadi Susatyo serta Asisten deputi bidang PKKC kedeputian wilayah Kaltimtengseltara Phindo Bagus Dharmawan sebagai narasumber.

“Bahwa sekitar 86 persen masyarakat Kalteng telah menggunakan JKN-KIS dan 54 persen pembiayaannya dibiayai oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, ini membuktikan bahwa peran pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara Prio Hadi Susatyo.

BPJS Kesehatan juga telah ikut berperan aktif dalam penanganan wabah covid19 di Kalteng, dimana BPJS telah menerapkan protokol kesehatan baik dikantor dan ketika dalam melayani masyarakat.

BPJS juga telah menggulirkan program relaksasi atau keringan pembayaran, supaya dapat meringankan masyarakat khususnya peserta mandiri agar bisa memanfaatkan JKN-KIS.

“Pemprov selalu mendukung dalam meningkatkan peserta JKN-KIS di Kalteng, dalam hal ini kami tetap menghimbau kepada masyarakat melalui kepada desa agar semua masyarakat bisa mengikuti JKN-KIS,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalteng Hamka.

Hamka juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS karena telah menerapkan relaksasi dengan memberikan keringan pembiayaan sehingga bisa membantu masyarakat yang terdampak covid19.

Acara tersebut diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Asisten deputi bidang PKKC kedeputian wilayah Kaltimtengseltara serta dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Dalam acara tersebut turut hadir sejumlah Kepala perangkat daerah terkait, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan, serta hadir secara terpisah Kepala Cabang BPJS Sampit dan Kepala Cabang Muara Teweh.

(Hardi/Beritasampit.co.id)