Hotspot Semakin Massif, Dandim 1013/Mtw Galakkan Patroli Terpadu

MUARA TEWEH – Dalam satu minggu belakangan ini, di wilayah kodim 1013/Mtw tercatat tidak kurang dari tiga puluh hotspot. Terkait hal tersebut, Komandan Kodim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., memerintahkan prajurit di jajarannya untuk menggalakkan patroli terpadu, Kamis (27/08).

“Dalam beberapa hari terakhir ini terdapat banyak hotspot di wilayah kodim 1013/Mtw. Apabila diamati, hotspot dengan konfiden diatas lima puluh persen, menandakan adanya kebakaran. Hal ini menjadi keprihatinan kita bersama,” katanya.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Apabila dibiarkan kata Rinaldi, akan mengancam langit biru. “Kepada koramil jajaran bersama tim terpadu, agar lebih giat berpatroli dan memberi sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Laksanakan di semua wilayah dan atur dengan baik, agar efektif,” tandasnya.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, dengan patroli yang massif dan berkelanjutan, niscaya kebakaran hutan dan lahan bisa ditekan. Dari pengalaman menunjukkan, kebakaran hutan dan lahan karena gejala alam, seperti pergesekan kayu, serta kelalaian, misalnya membuang puntung rokok sembarangan.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Kebakaran hutan dan lahan lebih dominan karena faktor manusia. “Terkait hal ini masyarakat harus diberi edukasi terus menerus melalui himbauan secara langsung oleh babinsa bersama unsur tim terpadu lainnya. Ingat, kebakaran hutan dan lahan jangan ditunggu api membesar, kejadian tahun-tahun sebelumnya cukup memberi pelajaran berharga bagi kita,” pungkasnya.(rls/beritasampit.co.id)