Pemkab Pulpis Kaji Banding ke Sukamara Dikenalkan Kerupuk Basah dan Sistem Pembudidayaan Ikan

Kaji Banding : ENN/BERITA SAMPIT - Pemkab Sukamara menerima kunjungan kaji banding Pemkab Pulpis di Aula Kantor Bupati, Kamis (27/8/2020).

SUKAMARA – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sukamara, Zulkifli mengatakan jika selama ini Pemkab Sukamara telah memperkenalkan produk unggulannya ke masyarakat luas.

Salah satunya adalah makanan khas yang berbahan dasar ikan seperti kerupuk basah dan amplang.

Zulkifli menjelaskan hal itu dihadapan rombongan kaji banding Pemkab Pulang Pisau (Pulpis) ke Sukamara untuk mempelajari cara pengolahan makanan berbahan dasar ikan.

“Yang kita perkenalkan keluar daerah adalah kerupuk basah serta sistem pembudidayaan ikan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” ucap Zulkifli, Kamis (27/8/2020).

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

Selain produk olahan ikan Pemkab Sukamara juga saat ini mengunggulkan tambak udang dimana wilayah pesisir yaitu Kecamatan Pantai Lunci akan menjadi percontohan tambak udang secara nasional.

“Beberapa waktu lalu langsung dari Dirjen Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan turun langsung dan memberikan bantuan,” jelas Zulkifli.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pulang Pisau, Hanafi mengatakan tujuan kaji banding yang dilakukan pihaknya adalah ingin melihat dan belajar pengolahan makanan berbahan baku ikan lantaran Kabupaten Sukamara dianggap memiliki sistem pengolahan yang sudah berkembang.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2025-2045

“Kabupaten Pulang Pisau memiliki potensi perikanan yang cukup besar terutama perikanan laut, jadi ini diharapkan bisa dikembangkan untuk pengolahan makanan berbahan dasar ikan disana,” tukas Hanafi.(enn/beritasapit.co.id)