PT Astra Agro Lestari Tbk Siap Dukung Pemkab Kobar Tanggulangi Karhutla

MAN/BERITA SAMPIT - Triyanto Community Development Area Manager PT Astra Agro Lestari Tbk Kalimantan Tengah.

PANGKALAN BUN – Triyanto Community Development Area Manager (CDM) PT Astra Agro Lestari Tbk Kalimantan Tengah (Kalteng) siap mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal tersebut, disampaikan Triyanto untuk menjawab seruan Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam sambutan pidatonya saat menggelar Apel Siaga Karhutla di Stadion Sampuraga Pinang Merah Pangkalan Bun, Kamis 27 Agustus 2020.

“Pertanyaan Pak Maman, bagus sekali walaupun tadi pagi dalam acara apel siaga karhutla memang saya tidak hadir, tapi pertanyaan Pak Maman akan saya jawab semuanya,” kata Triyanto saat tatap muka dengan para insan pers di Cafee Quizas Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan, Polres Kobar Bagikan Takjil Gratis

Menurut Triyanto, beberapa tahun yang lalu sejak digaungkannya program ‘Karhutla’ oleh Gubernur Kalteng, kemudian seluruh Perusahaan Besar Swasta (PBS) termasuk Astra yang tergabung di Gabungan Pengusaha Indonesia (GAPKI) Kalteng telah melakukan MoU atau kerjasama, mendukung dan membantu pemerintah untuk menanggulangi Karhutla.

“Kemudian, pada tahun-tahun berikutnya atas instruksi dari Kapolda (pada waktu itu), semua PBS di daerah sebelum karhutla datang harus sudah siap siaga, menyiapkan tim armada dan peralatannya,” ujar Triyanto.

Maka dengan adanya instruksi dari Kapolda, kata Triyanti, PT Astra sampai sekarang sudah ‘Siap Siaga’, untuk menghadapi karhutla.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

“Maaflah saya bukan menantang karhutla, tapi berbagai persiapan untuk menghadapi karhutla semuanya sudah stand by, karena sekitar 4 tahun yang lalu PT Astra sudah melaksanakan intruksi dari Polda Kalteng, tentang persiapan menghadapi karhutla,” ungkap Triyanto.

Jadi, lanjut Triyanto, apa yang disampaikan Ibu Bupati dalam penanganan karhutla, tidak cukup hanya pemerintah saja. Namun harus ada kerjasama dengan pihak perusahaan.

”Kami PT Astra Agro Lestari Tbk, sudah siap mendukung dan membantu Pemkab Kobar, untuk bersama-sama menanggulangi karhutla,” pungkas Triyanto. (Man/beritasampit.co.id).