Sugianto Ketemu dan Diskusi Dengan Prabowo, Bahas Apa Ya?

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, jemput bola melakukan rapat terbatas (ratas) sekaligus paparan pengembangan ketahanan pangan dan progres food estate kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, di kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis 27 Agustus 2020 malam.

Berbagai pembahasan diskusi oleh Gubernur Sugianto bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Dirjen Kemenhan Suryalaksana beserta tim. Sugianto juga didampingi oleh Ketua Pokja Percepatan Pembangunan Pertanian Provinsi Kalteng, Kadis Kehutanan Sri Suwanto dan Kadis TPHP Sunarti.

Dalam diskusi tersebut, selain berbagai kesiapan pengembangan ketahanan pangan food estate yang sudah dilaksanakan secara bertahap, juga persiapan kawasan untuk cadangan pangan nasional diluar kawasan Eks PLG.

“Pertemuan dengan Menteri Prabowo bersama Dirjen, membahas mengenai progres ketahanann pangan yang sudah berjalan secara bertahap. Pemprov Kalteng, tentunya sangat antusias dan mendukung program strategis nasional food estate di Kalteng, yang sudah di datangi oleh Pak Presiden, Pak Menhan dan Menteri lainnya di lokasi,” jelas Sugianto dalam rilis yang diterima.

BACA JUGA:   Hari Perempuan Sedunia, Mukhtarudin: Wujudkan Kesejahteraan Perempuan di Semua Aspek Kehidupan

Sugianto juga menyampaikan, bahwa food estate nantinya selain sudah dikerjakan penduduk lokal dalam peningkatan pangan, juga nantinya di prioritaskan masyarakat Kalteng untuk berkarya dan membangun di wilayah Food estate.

“Kami optimis ketahanan pangan dan food estate program nasional di Kalteng ini sukses dan berkembang, baik hilirisasi dan hulunya, dimana berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Kalteng dan untuk nasional,” ujarnya.

Sugianto menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo, Menhan, Mentan dan sejumlah Menteri lainnya dalam upaya pengembangan pangan nasional di Kalteng. Dan juga disampaikan kepada warga Kalteng, dalam bersama sama membangun daerah dan mendukung program nasional oleh Pemerintah Pusat.

Dalam diskusi juga, Prabowo menyampaikan keinginan Kemenhan mengembangkan ketahanan pangan diluar eks PLG, seperti mengembangkan singkong seluas sekitar satu juta hektare secara bertahap. Dimana tahap pertama akan dikembangkan seluas 30.000 ha, dan koordinasi Gubernur bersama Menhan, dapat dilaksanakan di Kabupaten Gunung Mas dengan ditargetkan tanam bulan Desember 2020.

BACA JUGA:   Sekretaris Partai Demokrat Kalteng Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Walikota

Dalam diskusi itu juga, berbagai varietas singkong atau tanaman lokal yang akan dikembangkan, antara lain seperti kristal merah, Iding, dan lainnya, yang dapat juga dilaksanakan oleh masyarakat secara luas.

Sugianto menyebut pengembangan komoditas pangan lokal tersebut berdampak perekonomian meningkat dan pesat di masyarakat serta Kalteng siap dan memiliki lahan tersebut, yang juga berdampak peluang meningkatnya tenaga kerja lokal hingga kemajuan sosial masyarakat juga meningkat.

“Kami menyambut baik keinginan dari Kementrian dalam pengembangan cadangan pangan di wilayah Kalteng. Kami optimis dapat berdampak untuk masyarakat Kalteng dan daerah rermasuk juga untuk Indonesia,” sebut Sugianto Sabran, bersama Menteri Prabowo dalam diskusi santai di Kementrian Pertahanan. (Hardi/beritasampit.co.id).