Fitria Husnatarina Dorong UMKM Produk Air Mineral di Kalteng

M.Slh/BERITA SAMPIT - Dr Fitria Husnatarina, SE., M.Si., Ak., CA

PALANGKA RAYA – Di tengah musibah pandemi Covid-19 atau Corona, hampir semua sendi-sendi ekonomi mengalami dampak yang signifikan. Meski begitu, upaya pemerintah melakukan pemulihan ekonomi juga gencar dilakukan.

Menurut pengamat Ekonomi Universitas Palangaka Raya Dr Fitria Husnatarina, mengatakan untuk memaksimalkan Ekonomi Masyarakat Daerah perlu adanya peran dari Usaha Mikro Kecil Meneggah (UMKM) pada lini kebutuhan pokok dan kebutuhan daerah lainnya

“Jika pemerintah mau membuat strategi berangkat dari UMKM, maka stabilitas perekonomian daerah relatif lebih stabil jika ada UMKM yang berproduksi di produk air mineral, mari gunakan itu dalam aktivitas apapun baik pemerintahan maupun kemasyarakatan daerah,” pungkasnya, Jumat, 28 Agustus 2020.

Menurutnya, UMKM tersebut tentu harus didukung dengan bantuan pemerintah dengan cara dibuat legal support untuk penggunaan produk ini. Dirinya mencontohkan bila ada relaksasi terkait anggaran untuk sektor-sektor tertentu yang terdampak jangan hanya membuat jaringan pengaman yang berhenti dalam jangka pendek.

“Daerah harus mulai bergerak membangun literasi keuangan yang memberi edukasi masyarakat bagaimana membangun budaya investasi,” ujar Fitria Husnatarina.

Tentu kebijak yang terintegrasi dari pusat hinga daerah menjadi sangat penting dalam peningkatan dan kepastian bagi para pelaku UMKM agar etiap strategi yang diambil dalam proses menata kembali stabilitas ekonomi.

“Posisi kita masih dalam tataran cukup stabil jika dibandingkan negara lainnya, inflasi kita cukup stabil, perusahaan besar di Indonesia sudah mulai menggerakkan produksinya dan kita harus akur sebagai sinyal positif bahwa Indonesia masih dalam tataran perekonomian yang cukup stabil,” pungkasnya.

(M.Slh/beritasampit.co.id)