UMP Beri Kelonggaran Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

DR Soenadi

PALANGKA RAYA – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat sejumlah kegiatan harus dilakukan secara daring. Hal yang sama juga dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP).

Rektor UMP, DR Soenadi kepada Intimnews.com (group peritasampit.co.id) mengatakan bahwa pihaknya tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring.

Memang diakuinya ditemukan beberapa kendala yang dihadapi misalnya saja terbatasnya akses untuk belajar daring. “Misalnya fasilitas internet yang belum memadai, dan masih ada beberapa mahasiswa yang tidak memiliki handphone (HP) berbasis android,” katanya.

Untuk itu kata dia, pihaknya memberikan sejumlah solusi seperti meminta kepada dosen untuk tidak hanya melakukan proses perkuliahan dengan cara daring lewat aplikasi Zoom meeting. “Cara lain seperti dengan merekam materi kemudian dishare ke para mahasiswa,” terang Soenadi.

Dia menambahkan untuk menggunakan aplikasi zoom meeting memang membuthkan biaya yang cukup besar. Karena aplikasi tersebut, kata Soenadi menggunakan kouta internet yang cukup tinggi.

“Sementara kita tau dalam kondisi saat ini ekonomi lagi sulit karena pandemi covid-19. Sehingga kampus juga harus memahami kondisi mahasiwa,” terangnya.

Hingga saat ini kata Soenadi, proses perkuliahan secara daring tergolong lancar. Meskipun demikian, dia tetap beraharap kepada pemerintah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat agar bisa belajar daring dengan baik.

“Tentunya dengan memberikan fasilitas internet hingga ke pelosok. Karena sebagian juga mahasiswa dan pelajar ada di pelosok. Minimal kalau ada Wifi gratis, membantu mahasiswa atau pelajar untuk belajar daring,” tutupnya. (din)