Kodim 1015 Sampit Gelar Pembinaan RTRW

SAMPIT – Komando Distrik Militer (Kodim) 1015 / Sampit menggelar kegiatan pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat yang bertempat di Aula Kehormatan Prajurit Kodim 1015/spt jalan MT Hariyono no. 56 Kelurahan MB Hilir Kecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotim, beberapa hari lalu.

Kegiatan tersebut mengusung tema ”Keterpaduan Keserasian Pembangunan wilayah Pertahanan yang diselaraskan dengan RTRW Pemda dapat Menjamin Terwujudnya Wilayah Pertahanan Yang Tangguh”.

Dandim 1015/spt. Lekol Czi Ahkmad Safari, S.H saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dalam mengemban amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan, di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat

“Dalam sistem pertahanan semesta (Sishanta), TNI sebagai komponen utama yang juga mempersiapkan sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukungt,” tegas Lekol Czi Ahkmad Safari, S.H

“Melalui pembinaan RTRW, kita tingkatkan sinergitas RTRW pertahanan darat dengan RTRW pemerintah daerah dalam mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keterpaduan dalam pembangunan, demi kepentingan kesejahteraan dan pertahanan negara,” lanjut Dandim 1015/spt.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut yakni untuk memberikan petunjuk/gambaran secara umum kepada satuan jajaran Kodim 1015/spt dalam melaksanakan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di wilayahnya berjalan tertib, aman, lancar, serta mencapai hasil yang optimal.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1015/spt. (Lekol Czi Ahkmad Safari SH), Kasdim 1015/spt, Pabung Seruyan, Perwira Staf kodim 1015/spt, Para Danramil 1015/spt, Kadis Pertanian Kab. Seruyan (Albidinnoor), Kadis PUPR Kabupaten Katingan (Ibu Rita Dewandari), Kadis Dinkes Kabupaten Kotim (Dr Faisal NC), Kabid DLH Kabupaten Kotim (Endah Prihatin), BPBD Kabupaten Katingan (Gunawan). (rls/beritasampit.co.id).