Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Cegah Covid-19 Dibutuhkan Cara Kreatif dan Menyenangkan

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kondisi saat ini di Kalimantan Tengah (Kalteng) dibutuhkan cara-cara yang lebih kreatif dan menyenangkan, terlebih jika akan menyampaikannya ke anak muda. Selain materi, medium dan cara menyampaikan sebuah pesan juga penting untuk diperhatikan.

Oleh karena itu Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui cuci tangan, menjaga sanitasi, dan tidak melakukan kegiatan yang berisiko menyebarkan Covid-19 seperti kumpul-kumpul.

Tak hanya itu saja, Sugianto juga mengimbau untuk terus fokus menangani pandemi Covid-19 melalui pendekatan perubahan perilaku masyarakat dengan disiplin protokol kesehatan akan menjadi kekuatan masyarakat. Perubahan perilaku ini yaitu bagaimana menumbuhkan kesadaran kolektif dan peran dari seluruh komponen.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2023

Sebab itu, Sugianto menekankan akan pentingnya peran kolaborasi pentaheliks berbasis komunitas untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh aspek. Di sisi lain, keberhasilan dalam menangani Covid-19 ialah melalui sosialisasi yang baik dan tepat sasaran kepada masyarakat.

“Sehingga peran komunikasi publik menjadi hal yang sangat mendasar,” ujar Sugianto, Minggu 20 Agustus 2020.

Selain itu, Sugianto juga menekankan pemahaman dan pengertian bahwa Covid-19 berbahaya dan proses seseorang terpapar Covid-19 berasal dari orang lain.

BACA JUGA:   Bulog Kalteng: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Stok Beras Aman Selama Ramadan

Oleh sebab itu, melalui fungsi edukasi, sosialisasi dan mitigasi ditambah 4 (empat) hal penting protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan yang harus diimplementasikan dengan baik. (Hardi/beritasampit.co.id).