Punya Guru Besar, IAIN Menuju UIN Palangka Raya

Din/BERITA SAMPIT - Rektor IAN Palangka Raya Khairil Anwar saat berbincang dengan Pimred Beritasampit Akhiruddin.

PALANGKA RAYA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya patut berbangga. Pasalnya saat ini, IAIN akan memiliki seorang guru besar (Profesor).

Prof DR Hj Hamdanah M.Ag akan dikukuhkan sebagai guru besar, Rabu 2 September 2020 di Aula Kampus IAIN Kota Palangka Raya. Hamdanah merupakan guru besar pertama yang dimiliki IAIN Kota Palangka Raya.

Dengan dikukuhkannya Hamdanah sebagai guru besar, membuka peluang kampus ini menuju ke Universitas. Karena salah satu persyaratan untuk menjadi Universitas adalah miliki dosen guru besar atau profesor setidaknya empat orang.

Rektor IAIN Palangka Raya, Khairil Anwar mengatakan bahwa dengan dikukuhkannya Hamdanah sebagai guru besar, akan menjadi kebanggan bagi IAIN dan menjadi semangat untuk menuju universitas.

“Kalau dulu persyaratannya minimal 15 persen dari jumlah dosen, sekarang minimal 4 orang saja. Sekarang kita punya 1 orang, itu sudah bisa kita ajukan sambil melengkapi kekurangannya,” katanya.

Untuk menutupi kekurangannya, kata Khairil akan mendapatkan dukungan dari sejumlah kampus lain termasuk dari provinsi tetangga, Kalimantan Selatan.

“Itu bisa dengan dosen guru besarnya diperbantukan ke IAIN itu bisa jadi syarat untuk melengkapi kekurangan tersebut,” kata mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

(din)