10 Anjuran Gubernur Kalteng Agar Lansia dan Kelompok Komorbid Terhindar Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dalam rilis yang disampaikan Juru Bicara Tim Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kalteng dr Caroline Ivonne, Sabtu 5 September 2020 sore menyampaikan, 10 hal yang dianjurkan untuk dilakukan para lansia dan kelompok komorbid (seperti pasien diabetes, jantung, gagal ginjal, stroke, dan hipertensi).

Anjuran itu seperti di rumah saja, untuk warga usia di atas 50 tahun dengan penyakit penyerta diminta untuk tetap berada di rumah lebih banyak dibanding di luar rumah. Kurangi aktivitas di luar rumah jika tak penting.

BACA JUGA:   Lari, Olahraga yang Menjangkau Seluruh Masyarakat

Daya tahan tubuh, tingkatkan daya tahan tubuh sebaik mungkin. Hindari garam, gula, dan lemak berlebihan. Konsumsi suplemen, jika diperlukan bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin. Tapi wajib konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Tetap menjaga jarak dan hindari kerumunan. Cuci Tangan, sering mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun. Atau memakai hand sanitizer.

Gunakan masker yang baik dan benar menutupi dagu, mulut, dan hidung. Jangan menyentuh daerah permukaan wajah seperti mata, hidung, dan mulut saat tangan masih kotor.

BACA JUGA:   Sudah Membuktikan Perolehan Suaranya, Syauqie Figur Kuat Maju di Pilgub Kalteng

Selanjutnya, diminta olahraga, lakukan aktivitas fisik 30 menit per hari. Kurang gerak bisa menurunkan imunitas. Intensitas fisik bisa menghindari infeksi Covid-19.

Istirahat, tidur cukup selama 6-8 jam akan menjaga imun tubuh. Hindari stres, saat ada masalah, bicarakan dengan keluarga. Saling menguatkan, perbanyak ibadah, baca buku, dengarkan musik dan jangan cemas. Hindari mitos serta hoax. (Hardi/beritasampit.co.id).