Perjalanan Panjang Sugianto Menuju Gubernur

Opini oleh :

H Andi Darmaji (Jurnalis dan Mantan Ketua PWI Kobar)

Bagian : 01

TIDAK BISA DIPUNGKIRI, kalau kita sudah punya niat baik, walaupun dihadapan banyak rintangan dan bahaya yang siap menghalangi diri kita, tapi kalau kita tetap semangat terus berjuang dan berdo’a, maka niat baik kita itu akan terwujud.

Seperti yang dialami Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, ternyata jabatan yang telah diraihnya selama 5 tahun itu, tidak semudah ‘membalikan telapak tangan’, tentunya penuh dengan rintangan dan perjuangan.

Anak dari tokoh politik H Sabran Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Kobar beberapa tahun yang lalu ini ditempa sejak lulus SMKN I Pangkalan Bun (yang diketahui penulis) bekerja di PT Tanjung Lingga perusahaan milik pamannya H Abdul Rasyid, sebagai pimpinan/manager keuangan.

Setelah lama menggeluti bidang keuangan, nampak Sugianto semakin dewasa dan mapan, sehingga pamannya H Abdul Rasyid memberi kepercayaan kepada Sugianto untuk menjabat Direktur Utama PT Citra Borneo Indah (CBI).

Berkat dibina pamannya, kecerdasan berpikir Sugianto terus nampak, kemudian dia berpikir bagaimana caranya pembangunan di Kabupaten Kobar kedepannya semakin maju dan lebih menyentuh kepada masyarakat.

“Selama saya bekerja, hampir setiap hari setiap minggu, bulan dan sampai beberapa tahun, saya selalu berhadapan dengan warga masyarakat yang miskin. Sedih rasanya waktu itu melihat di Kabupaten Kobar banyak warga yang miskin,” aku Sugianto kepada penulis.

Maka, Sugianto Sabran yang berdarah Dayak lahir di Sampit 5 Juli 1973, akhirnya melangkah penuh kepastian menuju kearah politik, mengikuti jejak ayah handanya H Sabran yang menyandang Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Kobar.

Memang benar kata Ibu Megawati Ketua Umum PDI Perjuangan mengatakan siapapun orangnya kalau mau jadi Presiden, Gubernur, Bupati dan Walikota, sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku, harus melalui Partai Politik (Parpol).

Nah, waktu itu H Sugianto Sabran memberanikan diri masuk kekancah politik menjadi Kader PDI Perjuangan.

Diawali dengan maju menjadi salah satu Calon Legislatif (Caleg) H.Sugianto Sabran dan berhasil lolos menjadi Anggota DPR RI Periode 2009-2014.

(Bersambung).